Penggunaan Gadget Berlebihan Picu Peningkatan Gangguan Penglihatan Anak

BERITA PANGANDARAN – Penggunaan kacamata di kalangan anak-anak semakin marak, menandakan meningkatnya masalah penglihatan sejak usia dini.

Untuk menanggapi hal ini, RSUD Pandega Kabupaten Pangandaran mengadakan sosialisasi melalui media sosial, dipandu oleh Dokter Spesialis Mata, dr. Mega Prayoga, Sp.M.

Mega mengatakan, gangguan penglihatan pada anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Termasuk genetika, gaya hidup dan kebiasaan menggunakan perangkat elektronik.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami mencatat peningkatan signifikan kasus gangguan refraksi. Seperti miopia (rabun jauh) pada anak-anak, yang sering kali dipicu oleh penggunaan gadget yang berlebihan,” kata Mega.

Mega menuturkan, beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seorang anak mungkin membutuhkan kacamata. Orang tua perlu waspada jika anak sering mengeluh sulit melihat.

Baca juga:  Bupati Jeje Bakal Temui Guru ASN Pangandaran yang Ngaku Kena Pungli

Kemudian, kesulitan membaca papan tulis di sekolah, menyipitkan mata saat melihat atau sering mengeluhkan sakit kepala setelah belajar atau menonton televisi.

“Anak yang duduk terlalu dekat dengan layar televisi atau perangkat lainnya juga bisa jadi memiliki masalah penglihatan. Perilaku ini bisa menjadi indikasi anak mengalami kesulitan fokus pada objek jarak jauh,” tuturnya.

Kendati begitu, pihaknya menekankan pentingnya pemeriksaan mata rutin bagi anak-anak, terutama di usia sekolah.

“Pemeriksaan berkala dapat membantu mendeteksi masalah penglihatan lebih awal. Sehingga bisa diberikan intervensi yang tepat. Semakin cepat masalah ditemukan, semakin baik prognosisnya,” terangnya.

Mega merekomendasikan agar anak-anak menjalani pemeriksaan mata setidaknya setahun sekali, terutama jika ada riwayat masalah penglihatan dalam keluarga.

Baca juga:  Penyederhanaan Birokrasi di Pangandaran Masih Gunakan Tupoksi Lama

“Dengan deteksi dini, kita bisa memberikan solusi seperti kacamata atau terapi lain yang sesuai. Perhatian yang tepat bagi anak dapat tumbuh dengan penglihatan yang optimal dan kualitas hidup yang lebih baik,” ujarnya.

Melalui edukasi dan pemeriksaan rutin, diharapkan orang tua dapat membantu menjaga kesehatan mata anak-anak mereka.

“Kami di RSUD Pandega siap memberikan layanan terbaik untuk kesehatan mata anak-anak di Pangandaran,” ucapnya.