Hadapi Kekeringan, Desa di Pangandaran Ini Andalkan Pamsimas

Pamsimas di Desa Sukahurip, Kabupaten Pangandaran. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Desa Sukahurip, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, masih tercukupi dengan kebutuhan air di saat warga desa lain sudah kelimpungan dengan kebutuhan air bersih.

Kepala Desa Sukahurip Warisman Haerudin mengatakan, saat ini sumber mata air di Gunung Tayem masih mampu untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat.

“Di sini ada Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas untuk penampungan air yang disalurkan ke 150 Kepala Keluarga (KK),” kata Warisman, Minggu 3 September 2023.

Menurutnya, letak sumber air tersebut sekitar 6 dan 8 kilometer jauhnya. Pamsimas ini menampung sekitar 34 ribu liter air dan masih cukup untuk saat ini.

“Jumlah KK di Desa Sukahurip sebanyak 1.209. Sebagian besar belum masih tercukupi air bersih. Di sini juga banyak yang ngebor sumur, kedalamannya bisa sampai 22 meter,” ujarnya.

Baca juga:  Kuasa Hukum Terduga Pelaku Ujaran Kebencian kepada Polisi di Pangandaran Ajukan Restorative Justice

Warisman menyebutkan, Desa Sukahurip juga sangat dekat dengan daerah aliran sungai, sehingga bisa mencukupi kebutuhan air. Namun saat ini air sungai sedang surut.

“Beruntung sawah di Sukahurip yang mencapai 55 hektare sudah dipanen. Semuanya tadah hujan, sepertinya akan libur dulu untuk masa tanam, yang penting sudah dipanen,” sebutnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap waspada jika terjadi kekeringan ekstrim ke depannya. Tetap waspada, jika debit air di sumber mata air menurun, tapi untuk saat ini masih baik-baik saja.