Harga Tiket Akuarium Indonesia Pangandaran Dinilai Kemahalan

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Harga tiket masuk ke Akuarium Indonesia Pangandaran yang terletak di kawasan Pelabuhan Ikan Cikidang, Babakan, dinilai kemahalan.

Akuarium raksasa atau yang sebelumnya disebut Piamari (Pangandaran Aquarium and Marine Research Institute) itu telah dibuka untuk umum belum lama ini.

Soft launching wahana biota laut tersebut telah dilaksanakan pada hari Sabtu 17 Desember 2022. Rencananya, pembukaan secara menyeluruh akan dilakukan pada Maret atau April 2023.

Harga tiketnya pun sudah ditetapkan, yakni Rp50.000 saat akhir pekan dan Rp40.000 saat hari biasa. Namun harga tersebut masih dinilai terlalu mahal.

Salah seorang pengunjung Akuarium Indonesia Pangandaran Viki Noviandi mengatakan, harga tersebut masih murah jika disamakan dengan objek wisata lainnya.

Baca juga:  Bawaslu Pangandaran: Money Politic Tak Hanya Berbentuk Uang

“Kalau dilihat dari fasilitasnya, terlalu mahal. Harga yang cocok itu Rp30.000 saat akhir pekan dan Rp25.000 saat hari biasa. Wahananya juga masih sedikit,” kata Viki, Minggu 18 Desember 2022.

Menurutnya, tiket yang ia beli masih bisa digunakan untuk tiga bulan ke depan, asalkan orang yang tertera di tiket masih sama. Ada satu tiket untuk dibawa pulang.

Sementara itu, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) I Nyoman Radiarta menyebutkan, soft launching dilaksanakan karena adanya desakan dari masyarakat.

“Masyarakat kerap menanyakan pembukaan akuarium ini. Dengan kondisi yang ada sekarang, kami coba buka untuk masyarakat,” sebutnya.

Saat ini, kata Nyoman, memang belum ada perubahan-perubahan yang signifikan di akuarium ini. Namun akan terlihat perubahannya saat grand launching di tahun depan.