Polres Pangandaran Gelar Operasi Keselamatan, Ini Sasarannya

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Sebagai upaya meningkatkan budaya tertib berlalu lintas, Polres Pangandaran akan menggelar Operasi Keselamatan Lodaya 2023.

Digelar selama dua pekan atau mulai hari ini Selasa 7 Februari sampai 20 Februari mendatang. Penindakan dari operasi tersebut mengedepankan aspek preventif, edukatif dan persuasif.

Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat mengatakan, pihak kepolisian tidak akan melakukan tilang manual pada Operasi Keselamatan Lodaya 2023.

Meski demikian, pihaknya akan tetap memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan dalam operasi ini. Seperti SIM dan STNK.

“Ada tujuh sasaran dalam operasi ini. Salah satunya adalah penertiban pengendara motor tidak menggunakan helm,” kata Hidayat usai apel gelar pasukan di Alun-Alun Parigi, Selasa 7 Februari 2023.

Baca juga:  Manajemen Sapa Pasien Pandega Rutin Digelar Awal Bulan

Menurutnya, masyarakat di Kabupaten Pangandaran masih banyak yang tidak tertib berlalu lintas. Terutama dalam penggunaan helm.

“Selain itu juga kami akan menertibkan pengguna kendaraan di bawah umur, sebab mereka itu sangat berisiko,” tuturnya.

Hidayat menyebutkan, dalam operasi helm yang dilakukan Polres Pangandaran, banyak masyarakat yang diberi surat teguran, jumlahnya mencapai 3500 orang.

“Padahal mereka itu punya helm di rumahnya, tapi tidak dipakai. Di bulan Desember kemarin saja, ada 70 kali kecelakaan yang menyebabkan kematian, rata-rata tidak pakai helm,” sebutnya.