Wisatawan Keluhkan Jalan di Kawasan Pantai Pangandaran Tergenang Air

Jalan di kawasan Pantai Barat Pangandaran tergenang air pasca diguyur hujan. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Akses jalan utama di kawasan Pantai Pangandaran tergenang air hingga menyebabkan banjir. Wisatawan pun mengeluhkan jalanan becek dan membuatnya tidak nyaman.

Genangan air di jalan tersebut disebabkan lantaran drainase di pedestrian pantai itu tidak mengalir dengan baik.

Wisatawan asal Cimahi Firdan Alamsyah, 32, mengatakan, jika akses jalan di tempat wisata itu banjir atau membuat becek tidak elok.

“Semalam kan Pangandaran diguyur hujan, mungkin karena itu atau drainasenya tidak berfungsi,” kata Firdan, Sabtu 6 Januari 2024.

Senada dengan pengunjung lainnya, Iman wisatawan asal Tasikmalaya mengaku terganggu melihat jalan yang terendam air.

“Harusnya kan jalur utama itu diperhatikan untuk kenyamanan wisatawan. Harusnya begitu lah, diperbaiki, dirawat,” ucapnya.

Baca juga:  KPU Pangandaran Umumkan DPB, Pemilih Baru Bertambah 3.000 Orang

Akses jalan yang terendam genangan air setinggi 20-40 cm itu berada di Jalan Pasanggrahan. Adapun akses jalan yang terendam diperkirakan sepanjang 30 meter.

Warga setempat, Idi, 63, mengatakan, drainase di jalan Pasanggrahan merupakan salah satu akses utama wisata di kawasan Pantai Pangandaran.

“Drainase tidak berjalan, setiap tahun gini, apalagi kalau hujan turun seperti tadi malam. Pasti banjir, naik airnya,” kata Idi.

Idi berharap, Pemkab Pangandaran segera memperbaiki jalan tersebut dan tidak dibiarkan begitu saja.

“Bapak mah isin ningalina (bapak malu lihatnya), masa wisata terbaik di Jawa Barat jalannya tergenang air begini,” ucapnya.

Idi menyebutkan, jalan itu tergenang air sejak Jumat sore kemarin saat hujan turun. Diperkirakan jalan yang terendam air itu sepanjang 30 meter.

Baca juga:  KPU Pangandaran Tetapkan 30 Personel Sekretariat PPK

Selain itu, Idi menambahkan, jalan yang mengalami banjir atau tergenang air bukan hanya di kawasan Pantai Barat Pangandaran saja.

“Banyak drainase tidak berfungsi di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran. Di jalan Talanca banyak drainase yang dibuat menjadi pembuangan air penginapan, sehingga bocor meluber ke jalan,” sebutnya.