5 Ribu PJU Tenaga Surya Bakal Terangi Jalan Desa di Pangandaran

pju tenaga surya
5 ribu PJU Tenaga Surya bakal terangi jalan desa di Pangandaran. smf/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Ribuan Penerang Jalan Umum atau PJU Tenaga Surya bakal menerangi jalan di desa-desa yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Hal itu karena Pemkab Pangandaran akan mendapatkan hibah dari Lembaga Pengelola Proyek Yayasan Badan Kongres Internasional Forum Budaya (LPPBIFBWD).

Asisten Daerah II Dadang Dimyati mengatakan, lembaga tersebut akan memberikan hibah sebanyak 5.000 unit PJU Tenaga Surya.

Program itu dalam rangka meningkatkan produktifitas masyarakat dan memberikan rasa nyaman untuk beraktivitas di malam hari.

“Dengan nanti adanya penerangan di jalan-jalan desa diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bisa mendongkrak kegiatan yang positif,” kata Dadang, Kamis (9/12/2021).

Sehingga, ke depannya tak ada lagi cerita warga yang melintas jalan di perkampungan pada malam hari takut lantaran minimnya penerangan.

Baca juga:  Hotel di Pangandaran Dicek Petugas Gabungan

“Aktivitas warga juga akan lebih efektif kalau di daerah terpencil sudah terang. Paling pentingnya memberikan rasa aman dan nyaman dari tindakan kriminal,” tuturnya.

Dadang mengimbau, kepada masyarakat untuk segera mengajukan usulan lokasi atau titik pemasangan PJU Tenaga Surya itu ke Dinas Perhubungan Pangandaran.

“Program ini sangat erat kaitannya dengan forum ekonomi di Priangan Timur. Bahkan sudah didasari dengan Peraturan Presiden atau Perpres Nomor 87 tahun 2021,” sebutnya.

Penulis/Editor: SMF/R002