Alun-Alun di Kota Baru Pangandaran Diresmikan Kang Emil, Ini Namanya

alun-alun pangandaran
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata di Alun-Alun Pangbagéa Kota Baru Pangandaran. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan alun-alun di Kota Baru Kabupaten Pangandaran. Tepatnya di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Minggu (20/2/2022).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil memberi nama alun-alun yang berada di dalam komplek perkantoran Pemkab Pangandaran itu dengan nama ‘Pangbagéa’.

Pangbagéa, merupakan akronim dari Pangandaran Bagja Endah dan Asri. Dalam bahasa Sunda artinya, haturan wilujeng sumping (Sambutan) atau rindu.

Emil mengatakan, pembangunan alun-alun tersebut menelan anggaran mencapai Rp18 miliar dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat.

“Saya juga ikut menyumbangkan ide dalam mendesain alun-alun ini. Pola lantainya dibuat bergelombang, seperti ombak laut,” kata Emil dalam sambutannya.

Baca juga:  Muscab NPCI Pangandaran, Pemkab Siap Dukung di Peparprov Jabar 2022

Emil menuturkan, ruang publik ini dibangun menjadi dua lantai (dua tingkat). Ada stand UMKM, Food Court, ruang terbuka hijau.

“Ditambah juga pelataran yang bisa digunakan untuk konser musik atau kegiatan lainnya. Semoga alun-alun ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tuturnya.