Aneka Ragam Urab Dipajang di Alun-Alun Paamprokan Pangandaran

urab
Berbagai aneka ragam urab (urap) dipajang di Alun-Alun Paamprokan Pangandaran dalam rangka memeriahkan Gebyar Bulan Bung Karno tahun 2022, Jumat (1/7/2022).

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Berbagai aneka ragam urab (urap) dipajang di Alun-Alun Paamprokan Pangandaran dalam rangka memeriahkan Gebyar Bulan Bung Karno tahun 2022, Jumat (1/7/2022).

Urap adalah hidangan selada berupa sayuran yang dimasak yang dicampur kelapa parut yang dibumbui sebagai pemberi citarasa.

Urap lazim ditemukan dalam masakan Indonesia, akan tetapi jika ditelusuri, urap berasal dari khazanah masakan Jawa.

Aneka ragam urab tersebut diproduksi oleh beberapa kelompok masyarakat yang ada di 93 desa di 10 kecamatan se Kabupaten Pangandaran.

Ketua DPC PDI Perjuangan Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, aneka ragam urab tersebut dipajang dan dilombakan melalui penilaian dewan juri.

Ada syarat dan ketentuan dalam lomba yang diselenggarakan itu. Di antaranya, setiap group terdiri dari 3 orang peserta, durasi pada perlombaan tersebut selama 20 menit dengan bahan dan alat disiapkan peserta sendiri.

Baca juga:  Ini Alasan Perusahaan di Pangandaran Belum Terapkan UMK

“Untuk bahan dasar urab harus 7 jenis sayuran dengan proses memasak sayuran dan pembuatan bumbu diperbolehkan sebelum lomba,” kata Jeje.

Penyajian dalam lomba tidak dibatasi, tradisional atau modern. Dewan juri akan melakukan penilaian meliputi rasa, warna, komposisi dan teknik penyajian.

“Melalui lomba kreasi urab ini kami berharap kuliner khas masyarakat itu menjadi andalan di Kabupaten Pangandaran,” sebutnya.

Penulis/Editor: SMF/R002