Bawaslu Pangandaran Ajak Nelayan Jadi Pengawas Partisipatif di Pemilu 2024

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengajak masyarakat nelayan untuk berpartisipasi aktif mengawasi setiap tahapan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan, nelayan masuk ke dalam pemilih rentan. Karena memang kapasitas mereka dalam pendidikan politik masih kurang.

“Makanya ini jadi momentum kami supaya bisa merangkul nelayan untuk menjadi pengawas partisipatif,” kata Iwan, Kamis 30 Maret 2023.

Bahkan pihaknya ingin membuat program khusus bagi nelayan untuk pengawasan partisipatif. Ke depan, kata Iwan, akan ada MOU dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pangandaran.

“Edukasi politik sangat penting bagi nelayan agar mereka tidak bisa disetir saat masa pemilihan. Kami harapkan nelayan punya daya tawar yang kuat, tidak hanya jadi objek saja,” tuturnya.

Baca juga:  Pilkades Serentak di Pangandaran Selesai, Ini Daftar Pemenang Suara Terbanyak

Iwan menyebutkan, sebelumnya memang sempat ada dugaan pelanggaran. Namun itu baru dugaan, tidak sampai terbukti.

“Indikasi pelanggaran Pemilu itu karena ketidaktahuan mereka. Ke depan nelayan tidak tergantung lagi pada siapa pun dalam menentukan pilihannya,” sebutnya.