Begini Rekayasa Lalu Lintas di Pangandaran saat Libur Lebaran

rekayasa lalu lintas pangandaran
Rekayasa lalu lintas di Pangandaran saat libur lebaran.

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Menjelang libur lebaran Polisi Resor (Polres) Pangandaran menyiapkan rekayasa lalu lintas masuk objek wisata Pantai Pangandaran.

Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat mengatakan, menjelang libur lebaran, objek wisata Pangandaran diprediksi bakal dipenuhi wisatawan. Apalagi di kawasan Pantai Barat.

Untuk menangani dan menghindari kemacetan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas

“Rekayasa arus lalu lintas pada situasi padat, untuk pintu masuk kendaraan wisata dengan contra flow, di pintu utama Pantai Barat Pangandaran dibagi menjadi 3 gate masuk dan 1 gate keluar,” kata Hidayat, Selasa (19/4/2022).

Pada gate utama, satu gate untuk kendaraan motor, 2 gate untuk mini bus dan bus besar.

Baca juga:  Tanjung Cemara, Tujuan Wisata Baru di Pangandaran

Sementara untuk pintu masuk jalan Cikidang, menuju jembatan merah pantai timur Pangandaran dikhususkan kendaraan pribadi.

Kemudian gate masuk pintu timur Pangandaran dikhususkan kendaraan pribadi dan warga setempat.

Rekayasa Lalu Lintas Situasi Normal

Hidayat menuturkan, untuk rekayasa arus lalu lintas situasi normal, kendaraan dari arah Banjar maupun Jawa Tengah masuk melalui pintu pintu masuk utama, yang hanya dilalui Bus dan kendaraan pribadi.

Adapaun rekayasa arus dengan contra flow pemberlakuan one way masih menggunakan jalur yang sama.

“Masuk dari gate utama, kemudian belok kiri masuk Jalan Baru Bulak Laut, lalu ke Jalan Kidang Pananjung menuju Pantai Barat Pangandaran. Bisa juga belok kiri lagi ke Jalan Pengadilan Lama kemudian menuju Pantai Timur,” tuturnya.

Baca juga:  Kapolda Jabar Sidak Pantai Pangandaran, Wisatawan Diingatkan Prokes

Sementara itu, untuk kanalis parkir berada di jalan Kidang Pananjung. Mengingat hanya 2 lajur dan banyak ditemukan parkir liar.

Sehingga harus diarahkan ke kantor parkir atau menuju lapangan katapang doyong Pantai Timur Pangandaran.

“Untuk kendaraan yang keluar dipersiapkan tiga pintu keluar. Yakni pintu utama tol gate, Alun-Alun Paamprokan dan pintu di Cikembulan,” ucapnya.

Bagi wisatawan asal Ciamis, Tasikmalaya, Bandung dan Jakarta, diarahkan pulang melalui Jalan Langkaplancar. Keluar dari Cikohkol, Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Selain penguraian, ada banyak objek wisata yang dilalui arah pulang. Seperti menuju Pantai Batuhiu, Green Canyon, Batukaras, Citumang dan Santirah.

Editor: R002