Bupati Jeje Hadiri Milangkala Paguyuban Pemandu Hotel dan Penginapan Wisata Pangandaran

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menghadiri Milangkala ke-1 Paguyuban Pemandu Hotel dan Penginapan Wisata Pangandaran atau PPHPWP di Pantai Barat. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menghadiri Milangkala ke-1 Paguyuban Pemandu Hotel dan Penginapan Wisata Pangandaran atau PPHPWP di Pantai Barat, Rabu 15 Maret 2023.

Peringatan ulang tahun yang pertama itu diisi dengan pemotongan tumpeng dan aksi bersih-bersih di kawasan Pantai Barat Pangandaran.

Organisasi tersebut terbentuk di tahun 2022 berdasarkan akta notaris dengan jumlah anggota sebanyak 162 orang. Yang terdiri dari para pemandu hotel dan penginapan, tour leader, catering hotel serta jasa wisata.

Ketua PPHPWP Sartoyo mengatakan, tujuan dibentuknya organisasi ini untuk bersinergi dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk mencapai cita-cita Pangandaran menjadi daerah pariwisata yang mendunia.

“Kami orang kecil, tapi siap dibesarkan dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mencapai tujuan Pangandaran menjadi wisata unggulan di Jawa Barat dan bisa mendunia,” kata Sartoyo.

Baca juga:  Ini Rekomendasi DPRD Pangandaran untuk Pemkab Terkait Hasil Pemeriksaan BPK RI

Sartoyo menegaskan, pihaknya siap untuk berhadapan dengan orang-orang yang merongrong hotel maupun penginapan yang bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan para pengunjung.

“Kalau ada anggota kami yang merongrong, tolong catat namanya dan segera laporkan ke kami,” tegasnya.

Bupati Jeje Ajak anggota PPHPWP Jaga Pangandaran

Dalam sambutannya, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, Pangandaran memiliki garis pantai sepanjang 91 kilometer yang memiliki banyak potensi.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mengembangkan potensi wisata untuk kemakmuran masyarakat Kabupaten Pangandaran,” kata Jeje.

Jeje menyampaikan, jumlah kunjungan Wisata ke daerahnya pada tahun 2022 tercatat sekitar 4 juta orang. Artinya sudah berapa banyak uang yang berputar di kawasan wisata ini.

“Kami mengajak kepada masyarakat termasuk anggota PPHPWP ini untuk bersama-sama menjaga Pangandaran. Karena Pangandaran ini adalah milik kita, oleh kita dan untuk kita,” ujarnya.

Baca juga:  Beri Rasa Nyaman Wisatawan, Polres Ciamis Ngepam di Pangandaran

Jeje menyebutkan, tahun 2022 kemarin pemerintah sudah mengeluarkan anggaran sebesar Rp121 miliar untuk membangun jalan lintas pantai berikut jembatannya.

“Jembatan Sodong Kopo yang menyambungkan Nusawiru-Pantai Batukaras akan dibangun tahun ini. Panjangnya dua kali lipat dari Jembatan Wiradinata Ranggajipang,” sebutnya.

Jeje menambahkan, dengan dibangunnya jalan lintas pantai ini untuk menambah daya tarik wisatawan. Sehingga nantinya diterapkan tiket terusan.

“Jadi kunjungan nanti itu bisa merata ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Pangandaran. Karena pariwisata ini menjadi fokus pendapatan daerah untuk pembangunan,” tambahnya.