Bupati Jeje Sebut Seluruh Desa di Pangandaran Berstatus Desa Mandiri

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyebut seluruh desa di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, sudah berstatus desa mandiri. Jumlahnya sebanyak 93 desa.

Jeje mengatakan, di daerahnya sudah tidak ada lagi desa yang statusnya tertinggal. Meski Kabupaten Pangandaran masih terhitung muda, namun desanya sudah mandiri.

“Untuk berstatus desa mandiri itu tentu harus memenuhi beberapa aspek. Di antaranya, kebutuhan dasar, pelayanan dasar, lingkungan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa,” kata Jeje, Senin 13 November 2023.

Jeje menuturkan, Desa Mandiri merupakan desa yang memiliki ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas atau transportasi yang tidak sulit.

“Pelayanan umum yang bagus serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik. Kemudian nilai Indeks Pembangunan Desa (IPD) sebuah desa harus lebih dari 75,” tuturnya.

Baca juga:  RSUD Pandega Pangandaran Miliki Klinik TB-RO

Berdasarkan penilaian Kementerian Desa (Kemendes) RI, 93 desa di Kabupaten Pangandaran sudah bagus dan berstatus Desa Mandiri. Meski demikian, Jeje meminta kepada masyarakat untuk tidak terlena.

“Kalau hari ini bagus maka harus berupaya untuk meningkatkannya agar lebih bagus lagi. Desa adalah negara terkecil, karena segala sesuatu juga dimulai dari desa. Maka desa harus bagus, termasuk ekonomi di desanya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Pangandaran Dedi Surachman menyebutkan, status desa ada yang tertinggal berkembang dan mandiri.

“Berubah status menjadi desa mandiri, sebelumnya dilihat dulu kesiapan indikatornya dari  operator, pendamping desa dan kepala desa. Tahun 2022 lalu desa mandiri di Kabupaten Pangandaran hanya ada 36. Setelah diupayakan, semuanya jadi status mandiri,” kata Dedi.