Gempa M 4.0 Guncang Laut Pangandaran

gempa pangandaran
Gempa M 4,0 Guncang Laut Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,0 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Gempa tersebut terjadi pada Jumat (27/5/2022) jam 07.38 WIB.

Berdasarkan data BMKG melalui akun resminya di Twitter, pusat gempa berada di jarak 81 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 25 kilometer. Titik koordinat terletak pada 8.16 Lintang Selatan dan 107.92 Bujur Timur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangandaran Kustiman membenarkan adanya gempa bumi yang terjadi tadi pagi. Menurutnya tidak begitu dirasakan oleh warganya.

“Tidak ada kerusakan apa pun berkat gempa yang dirasakan warga tadi pagi. Bahkan sebagian warga sudah menganggap hal itu biasa,” kata Kustiman melalui pesan WhatsApp.

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas Pelayanan, RSUD Pandega Pangandaran Miliki Fasilitas Fisioterapi Unggulan

BPBD Pangandaran hanya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan selalu waspada.

“Terutama untuk daerah pantai, kita tetap aja harus waspada dan bersiap diri, meskipun gempa bumi baru-baru ini sering terjadi,” ucapnya.

Dewi warga Pesisir Pangandaran mengatakan, sewaktu gempa terjadi dikira hanya mobil lewat saja. Namun jendela kaca bergetar lumayan.

“Setiap gempa terjadi kalau getarannya tidak terlalu besar selalu cek langsung Informasi BMKG. Apakah berpotensi tsunami atau tidak,” sebutnya.

Editor: R002