Gempa Pangandaran Rabu Pagi Tidak Berpotensi Tsunami, Ayo Jangan Takut Liburan ke Pantai

Gempa Pangandaran Rabu Pagi Tidak Berpotensi Tsunami, Ayo Jangan Takut Liburan ke Pantai
Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat. R003/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Gempa berkekuatan 4.1 Magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu, 28 Desember 2022, pagi.

Menurut informasi dari BMKG, gempa yang terjadi pada pukul 01:45:52 WIB tersebut terjadi di 7.81LS, 108.20 BT. Atau 34 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Gempa tersebut, kata Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), KAB-PANGANDARAN-JABAR), berada pada kedalaman 17 kilometer.

Guncangan gempa berkekuatan 4.1 Magnitudo di Kabupaten Pangandaran tersebut, tidak berpotensi tsunami.

Namun, warga harus tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Warga, terutama wisawatan yang berada di Pangandaran untuk liburan akhir tahun, diimbau tetap tenang.

Pangandaran Aman untuk Liburan Akhir Tahun

Sementara itu, warga Parigi, Pangandaran, Ihsan, 34, mengajak wisatawan dari luar daerah untuk tidak takut berkunjung ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Baca juga:  Ganjil Genap Diberlakukan Bagi Wisatawan Pangandaran saat Libur Nataru

“Gak usah takut, Insya Allah, Pangandaran aman. Jangan terpancing isu-isu tidak jelas, kalau mau liburan datang saja, Insya Allah aman,” kata Dede.

Ihsan mengatakan, pada libur Natal yang lalu, kunjungan wisatawan ke Pangandaran memang jauh berkurang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut, kata Ihsan, sangat wajar mengingat banyaknya isu yang beredar bahwa akan terjadi tsunami di wilayah pesisir pantai di Indonesia.

“Mudah-mudahan itu tidak terjadi, dan Pangandaran sendiri tetap aman. Tapi jangan sampai adanya isu itu membuat wisatawan jadi takut liburan ke Pangandaran,” harapnya.