Jelang Bulan Ramadan, Personel Gabungan di Pangandaran Bersihkan Sungai Citonjong

Personel gabungan di Pangandaran bersihkan Sungai Citonjong. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Menjelang bulan suci ramadan, sejumlah personel gabungan, relawan dan warga di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melakukan bersih-bersih di Sungai Citonjong, Kamis 7 Maret 2024.

Sungai tersebut terletak di Wilayah Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Personel gabungan dan warga bersama-sama menyingkirkan berbagai macam sampah, termasuk batang kayu yang berada di sungai.

Dandim 0625 Pangandaran Letkol Inf Indra Mardianto Subroto mengatakan, bersih-bersih sampah di Sungai Citonjong ini menindaklanjuti program dari KASAD. Salah satunya adalah soal kebersihan lingkungan.

Menurutnya, sungai di wilayah Kabupaten Pangandaran ini tidak semuanya tercemar oleh limbah rumah tangga.

“Tapi Sungai Citonjong ini merupakan anak Sungai Citumang yang terkenal. Limbahnya limbah alami berupa potongan bambu,” kata Indra di lokasi bersih-bersih.

Baca juga:  Indeks Harga Saham Gabungan Anjlok di Akhir Pekan

Potongan bambu tersebut, kata Indra, sudah mengendap sejak lama dan tidak bisa diatasi atau dibersihkan secara manual oleh warga setempat.

“Makanya kami unsur TNI dan Polri bersama Pemkab serta menggandeng Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy membersihkan sampah di Sungai Citonjong ini,” ujarnya.

Indra menyebutkan, jika debit air cukup deras tentu akan terjadi banjir. Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya turun langsung mendengarkan keluhan warga di wilayah sungai itu.

“Kalau terjadi banjir dampaknya juga sampai ke pengendara yang melintas di jalur ini. Kegiatan bersih-bersih ini juga bagian dari menyambut bulan suci Ramadan dengan tema ‘Bersih Hatiku Bersih Sungaiku,” sebutnya.