Ketersediaan Komoditas di Pasar Tradisional Pangandaran Aman

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata memantau ketersediaan barang pangan dan pergerakan harga di pasar tradisional menjelang Nataru. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Pemkab Pangandaran, Jawa Barat bersama Polres Pangandaran mengecek harga dan ketersediaan komoditas di Pasar Tradisional Pananjung menjelang natal dan tahun baru (Nataru).

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, pihaknya memantau ketersediaan barang pangan dan pergerakan harga di pasar tradisional menjelang Nataru.

“Secara umum, ada kenaikan di komoditas cabai dan beras. Kenaikan harga bisa disebabkan beberapa faktor, salah satunya karena kesempatan menjelang Nataru,” kata Jeje, Sabtu 24 Desember 2022.

Untuk pasokan barang pangan, kata Jeje, masih cukup bagus. Selama ini komoditi di Pangandaran hampir semuanya dipasok dari luar daerah, seperti sayuran, daging dan telur.

“Saya nanti akan bicara serius dengan pak kades, untuk membahas pasokan di waktu tertentu, terutama menjelang hari raya atau hari besar lainnya,” ujarnya.

Baca juga:  Ratusan Sapi Ternak di Pangandaran Terjangkit Wabah Cacar Kulit

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Pangandaran Tedi Garnida menyebutkan, kenaikan yang terjadi pada sejumlah komoditas dinilai tidak terlalu signifikan.

“Ada beberapa pedagang yang menaikan harganya, ada juga yang tidak. Kenaikan hanya sampai Rp500 hingga Rp5.000, yakni komoiditi bumbu dapur dan beras.” sebutnya.

Yang terpenting, kata Tedi, ketersediaan barang aman, percuma jika harga barang murah namun ketersediaannya tidak ada.