Khawatir Diamuk Massa, Sejumlah ODGJ di Pangandaran Ditertibkan

Sejumlah ODGJ yang telah berhasil ditertibkan oleh Satpol PP, Dinas Sosial dan Dinas Kesehata Pangandaran. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, menertibkan sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di beberapa kecamatan.

Kepala Satpol PP Pangandaran Dedih Rachmat mengatakan, tim gabungan tersebut melakukan operasi penertiban ODGJ yang berkeliaran di pinggir jalan.

“Terutama mereka yang berkeliaran di jalan nasional. Mulai dari Kecamatan Cimerak sampai Kecamatan Padaherang,” kata Dedih, Selasa 7 Februari 2023.

Dedih menuturkan, tujuan dilakukannya operasi tersebut demi menciptakan keamanan dan ketertiban umum di tengah masyarakat.

“Kalau dihubungkan dengan isu penculikan anak, dikhawatirkan para ODGJ ini jadi sasaran amukan massa. Karena dicurigai sebagai culik, jadi kami amankan,” tuturnya.

Baca juga:  Warga Pangandaran Diminta Hentikan Penangkapan Baby Lobster

Menurutnya, setelah diamankan para ODGJ ini akan dikarantina dan jika memiliki keluarga akan segera dipulangkan. Terlebih, Dinas Sosial sudah menyediakan tempatnya.

“Kami sering melakukan operasi ini sebelumnya. Apalagi kalau ada laporan dari masyarakat, ada yang ngamuk, mengancam keselamatan warga, itu pasti diamankan,” ucapnya.

Dedih menyebutkan, operasi ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni Selasa dan Rabu. Pihaknya pun tidak mengetahui asal ODGJ yang ada di daerahnya dari mana.

“Kami membantah kalau Pangandaran menjadi lokasi pembuangan ODGJ. Karena mereka itu berkeliaran di jalan nasional, mulai dari Tasik sampai Pangandaran,” sebutnya.