KPU Pangandaran Sebut Honor KPPS Pemilu 2024 Mencapai Rp9 Miliar

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Pangandaran menyebut honor KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) untuk Pemilu 2024 mencapai Rp9 miliar.

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan, lebih dari 50 persen anggaran di Pemilu 2024 digunakan untuk honor KPPS. Lebih setengahnya untuk honorer petugas pemungutan suara.

“Total KPPS di Kabupaten Pangandaran sebanyak 9.422 orang. Besaran honornya sekitar Rp1 juta per anggota. Itu sudah mencapai Rp9 miliar,” kata Muhtadin, Jumat 22 Desember 2023.

Kemudian, pada Pilkada 2024 mendatang porsi anggaran paling besar adalah untuk badan Adhoc, termasuk di dalamnya KPPS. Seperti Pilkada atau Pemilu tahun sebelumnya, anggaran paling besar untuk KPPS.

Baca juga:  DPRD Pangandaran Minta Pemkab Segera Tangani Limbah Hotel yang Mengalir ke Pantai

“Perekrutan KPPS tengah dilakukan. Dalam perekrutannya tidak ada kendala. Kalau pun di satu TPS tidak terpenuhi syarat pendidikan minimal SMA sederajat, maka boleh bekerja sama lembaga pendidikan,” terangnya.

Menurutnya, KPU Pangandaran akan bekerja sama dengan lembaga pendidikan. Jika di satu TPS di satu kampung kurang dari tujuh orang yang lulusan SMA, maka akan gunakan persyaratan lain, yakni surat keterangan bisa membaca, menulis dan berhitung.