KUD Minasari Pangandaran Jadi Koperasi Terbaik Tingkat Nasional

mud minasari
Jeje berhasil hantarkan KUD Minasari Pangandaran jadi koperasi terbaik tingkat nasional. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Sosok Jeje Wiradinata berhasil menghantarkan Koperasi Unit Desa atau KUD Minasari di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, sebagai koperasi terbaik tingkat nasional.

Jeje adalah Ketua KUD Minasari yang juga sebagai Bupati Pangandaran saat ini. Dirinya memiliki peran penting dalam menyehatkan koperasi itu.

Jeje menceritakan, dirinya terpanggil menjadi pengurus KUD Minasari tahun 2012. Waktu itu kondisi KUD banyak hutang dimana-mana.

Nelayan pun mengeluh lantaran harga tangkapan laut tak menentu. Hal tersebut dilatarbelakangi tidak berfungsinya Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

“Melalui beberapa kebijakan karir saya di politik saat itu, akhirnya KUD Minasari mendapat bantuan dana aspirasi dari DPRD Ciamis dan DPRD Provinsi Jawa Barat,” kata Jeje.

Baca juga:  KPU Pangandaran Nobar Peluncuran Tahapan Pemilu 2024, Ini Isi PKPU Nomor 3/2022 Pasal 3

Dana yang didapat langsung dikelola melalui managemen yang sehat dan mengajak nelayan untuk bertransaksi di TPI.

“Kondisi itu sangat berisiko secara politis kepada saya. Karena dimusuhi para bakul yang melakukan transaksi ilegal,” ujarnya.

Bahkan Jeje mengaku kerap didekati beberapa oknum dan dijanjikan akan mendapat jatah uang dengan syarat bisa diajak kompromi.