Kuliner Asal Eropa Ada di Kampung Turis Pangandaran

Kuliner asal eropa
Owner Salt N Smoke Mina Family Pangandaran Arif Hikmawan (kaos hitam) bersama pengunjung. Perkenalkan steak sirlon dan tender loin kuliner asal Eropa. ist/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Steak sirlon dan tender loin merupakan salah satu kuliner asal Eropa. Kini hadir di Kampung Turis Pamugaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Masakan yang diracik oleh kaum milenial itu berada di Salt N Smoke BBQ. Tepatnya di area Mina Family Pangandaran.

Inovasi yang mereka lakukan dalam rangka melengkapi kebutuhan makanan wisatawan yang berkunjung ke daerah bungsu Jawa Barat ini.

Bahan dasar untuk masakan steak sirlon dan tender loin ini menggunakan daging sapi impor (Australian Beef).

Meneger Salt N Smoke Mina Family Pangandaran Rizky Fazri Gunawan mengatakan, gagasan tersebut muncul dari kelompok pengusaha muda asal Pangandaran.

“Target kami bisa memenuhi kebutuhan makanan untuk wisatawan asal luar negeri yang sedang berlibur ke Pangandaran,” kata Rizky, Kamis (16/12/2021).

Baca juga:  Senam Sehat Jadi Cara Pegawai RSUD Pandega Pangandaran dalam Menjaga Kesehatannya

Salt N Smoke Mina Family Pangandaran bisa disebut sebagai pelopor makanan daging western dengan teknik memasak menggunakan asap.

“Tahap pengerjaan untuk membuat steak sirlon dan tender loin dagingnya tidak dibakar, tapi diasap,” ujarnya.

Rizky menyebutkan, harga untuk satu paket steak sirlon atau tender loin atau kuliner asal Eropa ini dibanderol masing-masing Rp50.000.

Harga tersebut sangat terjangkau untuk kalangan ekonomi menengah dan masyarakat Pangandaran.

“Peminat dari pasakan steak sirlon atau tender loin cukup tinggi. Rata-rata dalam sehari kami melayani 70 hingga 80 pelanggan,” sebutnya.

Rizky menerangkan, steak sirlon berbahan daging berlemak dan tender loin berbahan daging tidak berlemak.

“Secara kesehatan, makanan steak sirlon atau tender loin juga teruji rendah kolesterol. Jadi sangat aman untuk dikonsumsi,” terangnya.

Baca juga:  Gandeng Caleg Pangandaran, Iwan Bule Makin Optimis Hadapi Pemilu 2024

Hanya saja, untuk memenuhi kebutuhan bahan baku dasar daging (Australian Beef), mereka masih mendatangkan dari luar Pangandaran.

Kebutuhan untuk persediaan satu minggu bisa membutuhkan hingga 30 kilogram.

“Konsumen yang datang, mereka tertarik dengan produk steak sirlon atau tender loin. Karena proses pemasakannya yang diasap,” ucapnya.

Penulis/Editor: SMF/R002