Kunjungan Wisata ke Pangandaran Saat Natal Kurang Ramai

Suasana aktivitas wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pangandaran saat ini.

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Kunjungan wisata ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada libur Natal 2022 dinilai sedikit. Padahal masa tersebut sangat dinanti para pedagang dan pelaku wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Tonton Guntari mengatakan, tingkat kunjungan saat liburan natal hanya mencapai sekitar 18 ribuan saja, antara Sabtu dan Minggu.

“Biasanya weekend itu mencapai 20 ribu lebih kunjungan, kemarin malah sedikit,” kata Tonton, Selasa 27 Desember 2022.

Selain itu, biasanya bus besar yang masuk bisa mencapai ratusan dan kelihatan ramai. Bahkan bisa mencapai 80 sampai ratusan.

Tonton menduga, para wisatawan enggan berkunjung ke Pangandaran karena adanya surat imbauan dari BMKG Cilacap soal potensi gelombang tinggi yang beredar di masyarakat luas.

Baca juga:  Kades Sukaresik Minta APH Usut Tuntas Praktik Dugaan Mafia Tanah di Pangandaran

“Kami mau mencoba berkoordinasi dengan BPBD untuk mengeluarkan imbauan dan meluruskan soal informasi itu. Supaya informasinya tidak kabur, masyarakat malah jadi takut,” ujarnya.

Selain itu, kata Tonton, okupansi hotel pun mengalami penurunan secara signifikan, antara 40 sampai 50 persen.

“Ini info dari beberapa GM Hotel yang ada di kawasan wisata. Hotel-hotel dan pedagang kecil menjadi yang paling terdampak dari sepinya pengunjung,” sebutnya.