Logo Hari Jadi Ke-10 Pangandaran, Ini Arti Filosofinya

Logo Hari Jadi Ke-10 Pangandaran, Ini Arti Filosofinya

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Logo Hari Jadi Ke-10 Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat telah resmi ditetapkan dan dipaparkan arti filosofi yang terkandung di dalamnya.

Diketahui, logo Hari Jadi Kabupaten Pangandaran ini, berbentuk angka 10 dengan dibalut siluet ikan marlin ditambah ornamen terumbu karang.

Daerah otonomi baru di Jawa Barat yang genap berusia 10 tahun pada 25 Oktober 2022 ini, merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis yang resmi berdiri sendiri pada 12 Oktober 2012.

Dengan bupati dan wakil bupati definitif pertama Jeje Wiradinata-Adang Hadari pada periode pertama.

Kemudian, periode kedua, Bupati Jeje Wiradinata-Wakil Bupati Ujang Endin Indrawan.

Kabupaten Pangandaran memiliki logo yang khas, yakni panorama alam pegunungan, laut, kujang, bintang, bunga dan warnanya yang dominan biru.

Baca juga:  Jabar International Marathon 2022 Digelar di Pangandaran

Kepala Subbagian Dokpim Bagian Prokopim Sekretariat Daerah Pangandaran Galih Avomegi mengatakan, Logo Milangkala Ke-10, merupakan hasil karya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup pemerintah daerah.

“Jumlah total 30 desain dari semua OPD dipilih menjadi 5 terbaik. Kemudian, dirapatkan dengan pimpinan menjadi 3 logo terbaik,” kata Galih, Jumat 21 Oktober 2022.

Hasil akhir pada rapat koordinasi tingkat kabupaten yang dipimpin langsung oleh Bupati Jeje, kata Galih, Logo Milangkala ke 10 hasil karya salah satu OPD.

“Logo yang ditetapkan hasil karya kolaborasi dari Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Sekretariat Daerah Pangandaran,” sebutnya.

Filosofi 1 Dasawarsa Pangandaran

Warna Merah pada logo angka 10 melambangkan semangat, keberanian dan kekuatan.

Baca juga:  Sepanjang Tahun 2022, Pangandaran Diguncang 47 Kali Gempa

Ornamen khas dalam angka 10 merupakan representasi dari wilayah Pangandaran yang terkenal dengan kekayaan alamnya.

Kemudian, tulisan ‘Satu Dasawarsa’ merupakan usia Kabupaten Pangandaran yang ke 10 tahun.

Sedangkan slogan ‘Bersinergi untuk Pangandaran Juara’ memiliki arti Kehidupan yang dinamis, rukun, harmonis dengan semangat kebersamaan dan gotong royong membangun Pangandaran Juara.

Ikan Marlin pada Logo Milangkala Pangandaran melambangkan masyarakat Pangandaran yang dinamis dan mampu untuk membuat loncatan kemajuan.

Siluet perahu, melambangkan kehidupan rukun dan harmonis dalam satu wadah (kebersamaan) sekaligus gambaran kepemimpinan yang kuat.

Logo Milangkala ke 10 Kabupaten Pangandaran sudah termasuk untuk penggunaan pada spanduk, baju, template baliho dan mockup preview.

Baca juga:  DPRD Pangandaran Apresiasi Strategi Pemkab Maksimalkan Pendapatan