Ngobatan di RSUD Pandega Pangandaran Soal Bahaya Stroke

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – RSUD Pandega Pangandaran mengadakan kegiatan Ngobrol Bareng Seputar Kesehatan atau yang disingkat Ngobatan bertempat di ruang tunggu poliklinik.

Kegiatan bertema mengenai bahaya stroke itu berlangsung pada Kamis 14 September 2023. Pasien dan keluarga pasien di poliklinik rawat jalan dilibatkan pada acara tersebut.

Dokter Spesialis Saraf RSUD Pandega Pangandaran dr. Chiquita Putri Vania Rau, Sp. N mengatakan, stroke menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. Stroke juga menjadi salah satu penyebab kematian.

Menurutnya, satu dari enam orang di dunia memiliki risiko terkena stroke dan satu dari empat orang yang pernah terkena stroke akan mengalami stroke berulang.

“Senyum tidak simetris, gerak separuh anggota tubuh melemah, bicaranya pelo, kebas atau kesemutan di separuh tubuh, rabun dan sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba itu jadi tanda awal stroke,” kata Chiquita.

Baca juga:  Doa Bupati Pangandaran Agar Anak Ridwan Kamil Bisa Ditemukan

Dalam acara tersebut, kata Chiquita, disampaikan materi soal pengertian stroke, gejala, hingga pencegahannya.

Menurut Chiquita, respons dari keluarga pasien terhadap kegiatan ini positif, antusias dan aktif melakukan diskusi pada sesi tanyajawab.

“Dengan adanya Ngobatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan primer,” ujarnya.

Sehingga, kata Chiquita, kejadian stroke dapat dicegah dan masyarakat bisa segera membawa keluarga yang memiliki tanda gejala stroke ke pelayanan kesehatan terdekat.

Klinik saraf di RSUD Pandega Pangandaran tentunya sudah dapat melayani pasien dengan Badan Penyelenggara Jaminan sosial atau BPJS serta asuransi kesehatan lainnya yang telah bekerjasama dengan rumah sakit.

Klinik Saraf RSUD Pandega buka setiap hari Senin-Jumat dengan pendaftaran hari Senin-Kamis mulai jam 07.00-11.00 WIB dan Jumat pada jam 07.00-10.00 WIB. 

Baca juga:  Partisipasi Pemilih Disabilitas di Pangandaran Masih Rendah