Olahraga Bersama Pandega, Cara RSUD Peringati HUT Ikatan Fisioterapi Indonesia

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – RSUD Pandega Pangandaran menggelar kegiatan OMEGA atau Olahraga Bersama Pandega yang berkolaborasi dengan Fisioterapi, Jumat 7 Juni 2024.

Kegiatan olahraga tersebut dalam rangka
memperingati Hari Ulang Tahun Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) yang jatuh pada tanggal 10 Juni mendatang.

Olahraga yang terbuka untuk umum ini disambut antusias pegawai dan pengunjung rumah sakit. Selain diisi dengan senam bersama, acara ini pun diisi dengan edukasi dan deteksi dini terkait gangguan vertigo.

Fisioterapis RSUD Pandega Pangandaran Iwan Kartiwan mengatakan, ada tes khusus yang diberikan oleh pihaknya untuk mendeteksi gangguan vertigo atau nyeri kepala sebelah dan gangguan keseimbangan.

“Pada kegiatan ini dengan test sederhana bernama Fukuda Test. Dilakukannya kurang lebih 1 menit. Fungsinya untuk mendeteksi secara dini fungsi vestibular sebagai pusat keseimbangan yang ada di otak,” kata Iwan yang juga sebagai Ketua IFI PC Priangan Timur.

Baca juga:  Kasus Kecelakaan Harley Davidson di Pangandaran Naik ke Tingkat Penyidikan

Iwan menerangkan, jika seseorang telah melakukan Fukuda Test, kemudian hasilnya dinyatakan tidak normal, ada kemungkinan orang tersebut mengalami gangguan vestibular.

Menurutnya, gangguan vestibular sendiri bisa berasal dari berbagai faktor. Salah satunya karena adanya gangguan otot.

“Kalau dirasa ada gejala mengarah ke vertigo atau nyeri kepala sebelah, segera konsultasikan dengan Dokter Spesialis Saraf dan Fisioterapis,” terangnya.

Klinik Saraf RSUD Pandega Pangandaran
buka setiap hari Senin-Jumat dan Fisioterapi buka setiap hari Senin-Sabtu.