Pangandaran Jadi Tuan Rumah Rakerda III PHRI Jawa Barat

Ketua BPC PHRI Pangandaran Agus Mulyana. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Kabupaten Pangandaran menjadi tuan rumah Rapat Kerja Daerah atau Rakerda III Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI Cabang Jawa Barat.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari mulai 18-20 Januari 2023 ini diikuti oleh anggota BPC PHRI dari 25 kabupaten/kota se Jawa Barat.

Ketua BPC PHRI Pangandaran Agus Mulyana mengatakan, ada beberapa alasan yang logis kenapa Rakerda III PHRI Jawa Barat digelar di daerahnya.

“Salah satunya adalah, anggota PHRI ingin mengembalikan atau membangkitkan Pangandaran seperti di sebelum pandemi,” kata Agus, Rabu 18 Januari 2023.

Biasanya, kata Agus, sebelum pandemi, jika menghadapi natal dan tahun baru (nataru), hunian hotel di Pangandaran akan ada kenaikan yang signifikan. Bahkan bisa lebih dari 70%.

Baca juga:  Lahan Polres Pangandaran Ditinjau Kapolda Jabar, Mulai Dibangun 2023

“Tapi kenyataannya kondisi pertumbuhan hunian belum bisa terjadi. Libur nataru kemarin kita tidak sesuai target, hanya 20%. Malah pasca libur nataru di weekend pertama lebih ramai,” ujarnya.

Agus menuturkan, membangkitkan animo masyarakat untuk berkegiatan seperti di sebelum pandemi saat ini bukanlah hal mudah.

Karena banyak faktor saat ini yang menjadi pertimbangan para wisatawan untuk singgah dan berlibur di tempat seperti biasanya.

“Dengan melihat catatan tahun lalu, kondisi seperti itu tidak bisa berlarut-larut. Pariwisata adalah sektor yang paling terdampak dengan dibatasinya masyarakat untuk berkegiatan di luar,” tuturnya.

Agus menyebutkan, digelarnya Rakerda III PHRI Jawa Barat di daerahnya adalah salah satu upaya promosi wisata untuk meyakinkan bahwa Pangandaran aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

Baca juga:  Bendera Merah Putih 1 KM Diarak Warga di Pantai Pangandaran

“Nanti kami akan sampaikan profil objek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran saat Rakerda berlangsung.”

“Kami juga ingin BPC PHRI Pangandaran dibawa ke Musyawarah Nasional atau Munas PHRI mendatang,” sebutnya.