Pangandaran Miliki Akses Jalan Baru Sepanjang Pesisir Pantai

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat meresmikan akses jalan pesisir pantai di daerahnya. ist/kominfo

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Kabupaten Pangandaran memiliki akses jalan baru sepanjang 91 kilometer pesisir pantai. Jalur tersebut menghubungkan akses ke beberapa pantai yang ada di daerah bungsu Jawa Barat ini.

Akses jalan lintas pantai itu melewati 4 jembatan penghubung. Mulai dari Pantai Pangandaran-Pantai Batu Hiu-Pantai Batukaras-Pantai Madasari. Warga Pangandaran pun berkesempatan menjajal jalur itu pada Minggu 12 Maret 2023.

Mereka konvoi bersama Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menggunakan sepeda motor. Pengendara melakukan perjalanan sejauh 28 kilometer melalui jalan pesisir Pantai Pangandaran sampai Pantai Madasari.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, terhubungnya jalan lintas pantai tersebut menghubungkan luasnya Pantai Pangandaran sepanjang 91 kilometer.

“Terhubungnya jalan lintas pantai ini dalam upaya mengonektivitaskan akses objek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran,” kata Jeje.

Baca juga:  Transparansi Program dan Kegiatan, Bupati Pangandaran Gelar Ekspose APBD

Menurutnya, ada empat objek wisata yang akan mudah diakses melalui jalan tersebut. Yakni Pantai Pangandaran, Batu Hiu, Batukaras dan Pantai Madasari.

“Jarak ke Pantai Madasari dari Pangandaran yang biasanya 1 jam, sekarang hanya 20 menit. Dari Pangandaran ke pusat kota Parigi hanya 10 menit,” ujarnya.

Jeje menuturkan, konektivitas infrastruktur jalan lintas pantai ini bisa dirasakan masyarakat dan pengunjung. Mereka akan dimanjakan oleh keindahan pantai saat melintas jalur tersebut.

“Jadi nanti pengunjung tidak terkonsentrasi di Pantai Pangandaran saja. Dengan adanya jalan lintas pantai ini bisa tersebar dan merata jumlah kunjungannya,” tuturnya.

Konektivitas Infrastruktur Jalan Pesisir Pantai Pangandaran Menelan Anggaran Sebesar Rp121 Miliar

Jeje menyebutkan, anggaran jalan lintas pesisir tersebut menghabiskan biaya sebesar Rp121 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat dan APBD Pangandaran.

Baca juga:  Bupati Pangandaran Ungkap Alasan Damai Usai Kejadian di Warung Remang-Remang

“Keberhasilan pembangunan ini berkat dukungan semua dari pihak. Ke depan, Pangandaran semakin baik dan indah setelah peresmian jalan lintas pesisir ini,” sebutnya.

Jeje menerangkan, ada keuntungan bagi wisatawan yang menggunakan jalur lintas pesisir tersebut. Para pengunjung akan mendapatkan diskon 20% apabila masuk ke Pantai Pangandaran.

“Kalau wisatawan lanjut ke Batu Hiu, Batukaras dan Madasari, maka ada diskon tiket. Tapi akan kami buatkan dulu regulasinya,” terangnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono menyampaikan, Pangandaran ini menjadi potret keberhasilan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Jawa Barat dan Indonesia.

“Adanya DOB kan tujuannya pendekatan pelayanan. Adanya pembangunan infrastruktur dan meningkatkan potensi sumber daya alam. Tidak semua daerah yang dimekarkan berhasil seperti Pangandaran ini,” kata Ono saat menghadiri peresmian Jembatan Wiradinata Ranggajipang.

Baca juga:  Anggaran Revitalisasi Pasar Pananjung Pangandaran Capai Rp75 Miliar