Pemkab akan Bangun Tugu Titik Nol Kilometer Pangandaran

titik nol kilometer pangandaran
Sekda Pangandaran Kusdiana memegang miniatur tugu nol kilometer Pangandaran.

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran, Jawa Barat, akan membangun tugu titik nol kilometer Pangandaran di kawasan Pantai Batukaras, Kecamatan Cijulang.

Tujuan dibuatnya titik nol kilometer Pangandaran ini sebagai daya tarik bagi komunitas otomotif yang berkunjung ke daerah selatan Jawa Barat ini. Selama ini, Pangandaran menjadi magnet bagi komunitas motor maupun mobil untuk touring.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pangandaran Kusdiana mengatakan, pihaknya mendapat masukan dari member Bandung Max Community (BMC) agar menjadikan daerah ini sebagai referensi utama bagi komunitas otomotif di seluruh Indonesia.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk mematangkan rencana pembangunan tugu titik nol kilometer Pangandaran,” kata Kusdiana saat menghadiri acara Bikers Rendezvous di salah satu hotel Pangandaran, Sabtu (23/7/2022) malam.

Baca juga:  Polres Ciamis Temukan Pengelola Hotel Pangandaran yang Masih Bandel

Kusdiana menuturkan, pembangunan tugu titik nol kilometer ini merupakan bagian dari penataan kawasan wisata Pantai Batukaras. Pihaknya berharap rencana tersebut bisa terealisasi.

“Nanti yang akan mengelola titik nol kilometer Pangandaran ini Karang Taruna Batukaras. Jadi setiap ada yang masuk ke monumen itu mendapat sertifikat, nanti ada pemasukan ke Karang Taruna,” tuturnya.

Kusdiana menyebutkan, rencana luas lahan untuk parkir di kawasan monumen itu diperkirakan mencapai 500 meter persegi. Sedangkan untuk area tugunya sekitar 50 meter persegi.

“Lokasinya di sekitar Legokpari. Nantinya selain jadi tempat tongkrongan, para anggota komunitas motor juga bisa berenang atau surfing di sana,” sebutnya.