Penyandang Disabilitas Bisa Nikmati Taman Pangandaran Sunset

Penyandang Disabilitas Bisa Nikmati Taman Pangandaran Sunset
Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pangandaran Asep Noordin mengatakan, penyandang disabilitas sudah bisa menikmati indahnya Taman Pangandaran Sunset dengan akses jalan portable.

Sebelumnya, Asep terinspirasi dari salah seorang disabilitas di daerahnya yang mengeluhkan setiap akses dan ruang taman di Kabupaten Pangandaran belum ramah kaum disabilitas.

“Mendengar keluhan seperti itu, saya sediakan akses portable di Taman Pangandaran Sunset. Tidak ada salahnya juga di moment HUT ke 77 RI ini kita berbagi kebahagiaan,” kata Asep, Senin 29 Agustus 2022.

Asep menuturkan, penyandang disabilitas pun memiliki hak yang sama untuk bisa menikmati indahnya ruang publik atau taman-taman di Pangandaran ini.

“Kita hanya membuatkan akses jalan sementara (portable) supaya mereka (difabel) itu, bisa masuk dengan kursi rodanya.”

Baca juga:  Mengentaskan Stunting di Pangandaran, 981 Personel Diterjunkan

“Ternyata, pada senang bisa menikmati indahnya Taman Pangandaran Sunset secara langsung,” tuturnya.

Asep menyebutkan, dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang bangunan gedung, sudah disarankan bangunan gedung pemerintah maupun swasta merujuk pada kepentingan para penyandang disabilitas.

Pihaknya berharap, dengan memberikan askes portable untuk kaum disabilitas bisa menjadi insipirasi bagi Pemkab untuk memerdekaan kaum disabilitas di Kabupaten Pangandaran.

“Tahun 2023 mendatang, pemerintah harus memfasilitasi akses penyandang disabilitas. Khususnya, di taman-taman yang ada di objek wisata Kabupaten Pangandaran,” sebutnya.