Polisi Petakan 3 Daerah Rawan saat Pilkades di Pangandaran

pilkades pangandaran
Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Polisi memetakan tiga daerah rawan saat Pilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Ketiga desa itu yakni Desa Sukanagara dan Paledah di Kecamatan Padaherang serta Desa Mekarwangi di Kecamatan Langkaplancar.

Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat mengatakan, Desa Sukanagara dan Peledah sangat berbatasan ke wilayah luar Pangandaran. Tentunya dikhawatirkan ada pihak luar yang ikut meributkan.

“Selain itu banyaknya calon pasangan kepala desa (kades) di desa tersebut menjadi indikator kerawanan,” kata Hidayat, Kamis (28/7/2022).

Hidayat menuturkan, pada pelaksanaan Pilkades serentak ini pihaknya sudah mempersiapkan pola pengamanan. Unsur TNI hingga Satpol PP turut diperbantukan untuk pengamanan Pilkades ini.

Baca juga:  Polres Pangandaran Minta Tambahan Personel untuk Pengamanan Pilkades

“Kesiapan pengamanan Pilkades yang utama adalah mengantisipasi kericuhan. Polres Pangandaran akan bersinergi dengan TNI, Satpol PP dan unsur SKPD lainnya untuk menjaga ketertiban,” tuturnya.

Adapun personel yang diturunkan dalam pengamanan Pilkades ke desa ada sebanyak 475 personel.

Selain itu Polres Pangandaran telah menerima BKO dari pihak Brimob untuk menangani desa yang rawan konflik.

“Ada 7 kecamatan dan 17 desa di wilayah hukum Kabupaten Pangandaran dalam penyelenggaraan Pilkades serentak,” ucapnya.

Nantinya masing-masing desa akan ditempatkan 6 personel Polres yang ditambah personel brimob, linmas, Satpol PP dan panitia penyelenggara.

Editor: R002