Polres Pangandaran Minta Tambahan Personel untuk Pengamanan Pilkades

polres pangandaran
Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat (tengah) usai memperingati Hari Bhayangkara ke-76. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Polres Pangandaran akan meminta bantuan tambahan personel untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang bakal diselenggarakn pada 28 Juli mendatang.

Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemetaan kerawanan menjelang Pilkades. Hal tersebut untuk mengklasifikasikan daerah rawan dan tidak rawan.

“Ada 17 desa yang akan menggelar Pilkades di Kabupaten Pangandaran. Jauh hari juga kami sudah menyiapkan kesiapan para anggota yang akan diterjunkan nanti,” kata Hidayat, Selasa (5/7/2022).

Hidayat menuturkan, pihaknya akan meminta bantuan personel (BKO) dari Polres tetangga. Mengingat saat ini jumlah personel di Polres Pangandaran hanya sebanyak 267 anggota.

“Saat ini Polres Pangandaran masuk ke tipe D, butuh personel sebanyak 517 anggota dan kita baru 50 persennya. Kami juga akan meminta ke Polda Jawa Barat untuk penambahan personel,” tuturnya.

Baca juga:  Kecelakaan di Pangandaran Melibatkan 3 Mobil

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Pangandaran Wawan Kustaman menyebutkan, anggaran yang digelontorkan untuk Pilkades sebesar Rp690 juta.

“Anggaran itu bersumber dari APBD Pangandaran, disalurkan ke setiap desa yang akan menggelar Pilkades. Itu buat honor petugas pemungutan suara, Linmas, pengadaan surat suara, bilik suara, sewa balandongan dan Alat Pelindung Diri (APD),” sebutnya.

Editor: R002