Raih 8 Penghargaan dari Kemendikbud Ristek, Bukti Disdik Pangandaran Mampu Jadi Top Leader dalam Pengembangan Merdeka Belajar

Kepala Disdikpora Pangandaran Agus Nurdin. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga atau Disdikpora Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, berhasil meraih 8 penghargaan dari capaian program prioritas Kemendikbud Ristek.

Kedelapan penghargaan itu yakni, capaian terbaik aksi nyata melalui platform merdeka belajar; pemanfaatan rapot pendidikan; penggunaan ARKAS dan SIPLah; iklim inklusivitas.

Kemudian, capaian terbaik dalam pembentukan Satgas TPPK (Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan); penerbitan regulasi merdeka belajar; apresiasi inovasi pendidikan; dan implementasi kurikulum merdeka.

Kepala Disdikpora Pangandaran Agus Nurdin mengatakan, pencapaian yang didapat tingkat provinsi pada tahun 2023 ini tak lepas dari kerja keras dan kolaborasi yang dilakukan oleh stakeholder.

“Dalam hal ini Pemkab Pangandaran, stakeholder Disdikpora yang bekerja sama dengan sekolah, baik itu kepala sekolah, guru, peserta didik maupun pengawas yang membantu keberhasilan implementasi merdeka belajar di Pangandaran,” kata Agus, Jumat 24 November 2023.

Baca juga:  Terpeleset di Sungai Ciputrahaji Mangunjaya, Hadir Ditemukan Tewas

Agus berharap, kedelapan penghargaan di bidang pendidikan tersebut bisa menjadi bukti bahwa Kabupaten Pangandaran mampu menjadi top leader dalam pengembangan merdeka belajar.

“Kami harap ini bukan hanya seremonial saja, tetapi menjadi langkah awal dunia pendidikan di Kabupaten Pangandaran untuk bisa lebih baik ke depannya,” ucapnya.

Pengganjaran terhadap Disdikpora Pangandaran itu diserahkan oleh UPT Kemendikbud Ristek Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Barat pada Kamis 23 November 2023 di Hotel Melia Purosani DIY.

Dalam memberikan penghargaan tersebut, BBPMP Jawa Barat memberikan penilaian berdasarkan data dari pusat dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

Di antaranya, luasan wilayah, jumlah populasi, inovasi, regulasi, stakeholder pendidikan dan tim penilaian independent di luar BBPMP Jawa Barat.