RSUD Pandega Pangandaran Edukasi Warga Soal Rujukan dengan Sopan

Kegiatan SOPAN RSUD Pandega Pangandaran di Kecamatan Sidamulih. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Pandega Pangandaran memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat terkait alur rujukan ke rumah sakit melalui Sopan atau Sosialisasi Pelayanan ke setiap kecamatan.

Sopan, merupakan inovasi RSUD Pandega yang dilakukan sejak Juli 2023 ke sejumlah kecamatan. Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pelayanan, sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) di rumah sakit.

Kabid Pelayanan Medis di RSUD Pandega dr. Liza Octa Ferostina mengatakan, hasil dari setiap sosialisasi diharapkan pemerintah desa bisa memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat terkait alur rujukan ke rumah sakit.

“Hal ini ditujukan untuk meminimalisasi kesalahpahaman masyarakat apabila ada pasien yang akan melakukan rujukan,” kata Liza saat sosialisasi di Kecamatan Sidamulih, Selasa 10 Oktober 2023.

Baca juga:  RSUD Pandega Pangandaran Miliki Klinik TB-RO

Liza menuturkan, rujukan eksternal dilakukan untuk status pasien rawat jalan atau poliklinik (RS Luar Pangandaran) terlebih dahulu. Maka pasien harus mendapatkan rujukan awal dari FKTP untuk menuju ke FKTL (RS minimal tipe C).

Kemudian, pasien akan mendapatkan surat pengantar dan rujukan lanjutan ke FKTP dengan tipe rumah sakit yang lebih tinggi atau memiliki layanan kesehatan yang lebih lengkap.

“Tapi kalau pasien dengan keadaan gawat darurat yang memerlukan pemeriksaan lebih lengkap, pasien dapat dirujuk eksternal langsung oleh FKTL (RS) ke FKTL lebih tinggi. Melalui alur dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (SISRUTE),” tuturnya.

Selain gencar memberikan informasi, kegiatan inovasi Sopan ini sebagai ajang mempromosikan rumah sakit kepada masyarakat. Bahwa RSUD Pandega Pangandaran sudah menyandang predikat paripurna.

Baca juga:  Produksi Sayuran di Pangandaran Minim, Masih Dipasok Garut dan Banjar

“Meski begitu, manajemen RSUD Pandega terus berupaya memberikan dan meningkatkan mutu pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Karena kesehatan anda adalah kepuasan kami,” ucapnya.