RSUD Pandega Pangandaran Peringati Hari AIDS Sedunia

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – RSUD Pandega Pangandaran memperingati Hari HIV AIDS Sedunia dengan melakukan sosialisasi kepada pasien, keluarga pasien dan pegawai rumah sakit, Jumat 1 Desember 2023.

Kegiatan sosialisasi ini mengusung tema ‘Bergerak Bersama Komunitas, Akhiri AIDS 2030’ yang dilaksanakan di lingkungan rumah sakit. Mulai dari sekitar IGD, Ruang Rawat Inap, Klinik Melati, Poliklinik Rawat Jalan dan ruang staff pegawai.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap HIV yang dapat mengancam generasi penerus bangsa dan mempengaruhi perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyebabkan rusaknya atau melemahnya sistem kekebalan tubuh. Sedangkan AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) adalah kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Baca juga:  Penasihat Hukum Kosman alias Kece Kecewa Putusan Majelis Hakim PN Ciamis

HIV AIDS ini hampir tidak memiliki gejala yang muncul pada saat terinfeksi. Namun bagi penderita yang sudah terserang akan menyebabkan kekebalan tubuhnya menurun, mudah terserang demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, berat badan yang turun drastis dan mudah terinfeksi jamur.

Adapun pencegahan terjadinya HIV AIDS adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan, tidak berhubungan badan dengan penderita HIV/AIDS, tidak bergantian menggunakan jarum suntik, tidak melakukan seks bebas dan menggunakan kondom saat berhubungan badan.

100 pcs pin pun dibagikan selama sosialisasi berlangsung sebagai bentuk solidaritas kepada ODHIV (Orang Dengan HIV). Sosialisasi ini diharapkan mampu menjadi salah satu upaya dalam penanggulangan HIV AIDS demi tercapainya akhir AIDS pada tahun 2030.

Baca juga:  Bupati Pangandaran Lantik Tiga Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Ini Nama-Namanya

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit, Humas dan Pemasaran beserta perawat Klinik Melati RSUD Pandega.

Untuk konsultasi dan pelayanan tes HIV AIDS dapat dilakukan di Klinik Melati RSUD Pandega Pangandaran yang buka setiap hari Selasa dan Rabu.