Storytelling Jadi Cara Dispusip Pangandaran Tingkatkan Minat Baca Peserta Didik

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Storytelling menjadi cara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan atau Dispusip Kabupaten Pangandaran dalam upaya meningkatkan minta baca peserta didik di daerahnya.

Sabtu 30 September 2023, Dispusip Pangandaran menggelar kegiatan menyampaikan informasi dengan cara bercerita atau storytelling yang melibatkan peserta didik tingkat SD/MI sederajat perwakilan dari 10 kecamatan.

Kegiatan bertema ‘Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik dalam Membangun Karakter Budaya Berkearifan Lokal’ dihadiri Bunda Literasi Pangandaran Ida Nurlaela Wiradinata, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan dari kecamatan dan duta baca Pangandaran.

Kepala Dispusip Pangandaran Dodi Djubardi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tujuan pihaknya dalam rangka meningkatkan minat baca peserta didik di daerahnya.

Baca juga:  KPU Pangandaran Minta Warga Melapor Bila Dicatut Bakal Calon DPD

“Dengan bercerita ini diharapkan anak-anak dapat memetik hikmah kebaikan yang bisa diterapkan kepada karakter anak. Bagaimana berbakti sama orang tua, menyangi lingkungan dan sebagainya,” kata Dodi.

Sementara itu, Bunda Literasi Pangandaran
Ida Nurlaela Wiradinata menyebutkan, Dispusip memiliki banyak inovasi dalam upaya meningkatkan budaya membaca.

“Saya hadir di acara ini sebagai Bunda Literasi. Acaranya bagus melatih anak untuk bercerita dan publik speaking,” kata Ida.

Pada prinsipnya, menurut Ida, storytelling ini sebagai upaya peningkatan minat baca melalui bercerita. Karena tema dalam lomba ini pun mengambil dari cerita berbasis lokal.