Tiket Non Tunai Masuk Objek Wisata di Pangandaran Masih Lamban

Gerbang atau pintu masuk objek wisata Pantai Pangandaran. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Uji coba tiket non tunai masuk objek wisata di Pangandaran, Jawa Barat, sudah berjalan hampir tiga bulan terakhir ini. Beberapa kekurangan pun masih ditemukan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Tonton Guntari mengatakan, uji coba tiket non tunai baru dilakukan di Pantai Barat dan Green Canyon.

“Masih terus kami jalankan, perbaikan-perbaikan juga terus dilakukan di lapangan,” kata Tonton, Sabtu 10 Desember 2022.

Tonton menuturkan, sistem pembayaran seperti menggunakan QRIS, E-money dan yang lainnya kerap sekali ada error dan loading yang lama.

“Biasa kalau uji coba ada trial and errornya. Selain itu, wisatawan juga masih banyak yang kesulitan saat membuka aplikasi untuk scan,” tuturnya.

Baca juga:  Gempa 4,9 Magnitudo Guncang Pangandaran, Pedagang: Pasir Pantai Terasa Bergoyang

Meski demikian, kata Tonton, penerapan tiketing non tunai tersebut dinilai sudah menjadi suatu kemajuan di sektor pariwisata Pangandaran.

“Wisatawan juga tidak perlu lagi pegang uang tunai buat beli tiket masuk. Hanya tinggal scan saja,” ujarnya.

Tonton menyebutkan, untuk pembayaran tiket manual atau tunai pun masih diterapkan sampai saat ini. Dan wisatawan bisa memilih di antara keduanya (tunai atau non tunai).

“Kami ingin penerapan sistem non tunai ini diberlakukan di semua objek wisata yang dikelola oleh Pemkab. Tapi kita lihat modalnya dulu,” sebutnya