Agenda Relokasi Pedagang Pasar Pananjung Pangandaran Tak Menentu

pasar pananjung
Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Pangandaran Tedi Garnida. doc/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Rencana relokasi pedagang Pasar Pananjung di Kecamatan/Kabupaten Pangandaran ke lapangan Wonoharjo masih belum terlaksana.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran berencana merelokasi pedagang di pasar tersebut pada tahun 2021. Namun hingga saat ini tak kunjung dilaksanakan.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Pangandaran Tedi Garnida mengatakan, pihaknya memang berencana merelokasi pedagang Pasar Pananjung ke lapangan Wonoharjo.

“Ada dua tahap dalam proses revitalisasi pasar ini. Relokasi dan pembangunan. Anggaran untuk relokasi itu sekitar Rp6 miliar,” kata Tedi, Rabu (6/7/2022).

Namun, kata Tedi, di tahun 2022 ini pihaknya tidak menganggarkan untuk relokasi pedagang. Selain itu, kebutuhan anggaran untuk revitalisasi Pasar Pananjung sekitar Rp85 miliar.

Baca juga:  Asosiasi Kontraktor Nasional Gelar Munasus di Pangandaran

“Kita masih mencari anggarannya. Misalkan tahun 2023 ada bantuan dari pusat atau provinsi, kemungkinan tahun depannya baru dimulai relokasi dan pembangunan,” tuturnya.

Kendati begitu, kata Tedi, Detail Engineering Design (DED) bangunan Pasar Pananjung sudah selesai dibuat. Artinya, hanya tinggal pelaksanaannya saja alias menunggu anggaran.

“Sejauh ini juga tidak ada tuntutan atau permintaan dari pedagang agar relokasi segera dilakukan. Tidak ada, beberapa waktu lalu kita sempat berembug lagi dan mereka memakluminya,” sebutnya.

Editor: R002