Ahli Gizi RSUD Pandega Bagikan Tips Menu Puasa Bagi Diabetisi

Pengecekan gula darah kepada diabetisi. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – RSUD Pandega Pangandaran melaksanakan kegiatan kelas diabetes dengan tema ‘Persiapan Ramadan bagi Diabetisi’ di ruang tunggu poliklinik lantai 3.

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis 7 Maret 2024 itu diikuti peserta sekitar 50 orang yang tergabung dalam kelas diabetes RSUD Pandega Pangandaran.

Kelas diabetes ini diisi dengan kegiatan pemeriksaan gula darah gratis, edukasi kesehatan serta senam bersama.

Dengan narasumber Wisnu Fajar A.Md.,Kes sebagai Fisioterapis dan Indah Fazliani, A.Md.,Gz dari ahli gizi RSUD Pandega Pangandaran.

Dalam kegiatan ini dijelaskan bahwa diabetes melitus merupakan suatu penyakit menahun yang ditandai oleh kadar glukosa darah yang melebihi normal.

Kadar normal gula darah sewaktu tanpa puasa adalah <200 mg/dl dan jika puasa <126 mg/dl. Gejala umum yang terjadi pada penderita diabetes melitus di antaranya sering kencing, cepat lapar dan sering haus.

Baca juga:  Jembatan Wiradinata Ranggajipang Bakal Ditutup Sementara

Gejala lainnya seperti berat badan yang menurun cepat tanpa penyebab yang jelas, sering kesemutan, gatal di daerah kemaluan, keputihan pada wanita.

Kemudian, luka sulit sembuh, bisul yang hilang timbul, penglihatan kabur, cepat lelah, mudah mengantuk dan impotensi pada pria.

Faktor dan penyebab diabetes melitus di antaranya obesitas atau kegemukan, aktivitas fisik yang kurang, faktor keturunan keluarga, gaya hidup, faktor lingkungan dan faktor usia.

Ahli Gizi RSUD Pandega Pangandaran Indah Fazliani membagikan contoh menu puasa bagi diabetisi.

BUKA PUASA
Kurma 1-2 buah atau jus buah atau susu DM.

MAKAN SETELAH MAGRIB
Nasi sesuai porsi, ikan/ayam tanpa kulit/daging/1 butir telur. 1 potong tahu/tempe goreng, semangkuk sayuran dan buah pepaya.

Baca juga:  Logo Hari Jadi Ke-10 Pangandaran, Ini Arti Filosofinya

MAKAN SETELAH TARAWIH
Snack rendah gula atau jus buah atau susu DM.

SAHUR
Nasi sesuai porsi, ikan/ayam tanpa kulit/daging/ 1 butir telur. 1 potong tahu/tempe goreng, semangkuk sayuran. Menjelang imsak, cukup puding atau buah-buahan.

Bagi masyarakat Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya yang ingin bergabung bersama Kelas Diabetes RSUD Pandega bisa mendaftarkan diri dengan ketik Nama (spasi) Umur (spasi) Alamat kirim ke nomor Whatsapp 0821-2005-6071.