Anggota DPRD Pangandaran Kunker ke Jawa Tengah, Ini Agendanya

Anggota DPRD Pangandaran melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah untuk melihat referensi pembuatan KUA-PPAS.

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Sebanyak 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jawa Tengah. Sejumlah agenda yang mereka lakukan yakni melihat referensi pembuatan KUA-PPAS.

Sekretaris DPRD Pangandaran Yayat Kiswayat membenarkan jika di Bulan September ini Badan Anggaran atau Banggar sedang melaksanakan agenda studi banding.

“Saat ini Banggar pimpinan DPRD Pangandaran melakukan agenda studi banding ke Banyumas dan Cilacap. Tujuannya untuk melihat referensi KUA-PPAS,” kata Yayat, Rabu 20 September 2023.

Sementara itu, Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin mengatakan, sejumlah kunjungan anggota Banggar memang perlu dilakukan. Mengingat pihaknya pun perlu referensi.

Selain itu, kata Asep, kunjungan kerja ke Banyumas dan Cilacap untuk melihat sejauh mana mereka melakukan penerapan yang sesuai terkait penetapan KUA-PPAS.

Baca juga:  Apoteker RSUD Pandega Pangandaran Ajak Warga Cerdas Gunakan Obat

“Persoalan sedang defisit atau tidaknya daerah, kami juga mempertimbangkan dan melakukan efisiensi anggaran yang masuk. Sehingga tidak menganggu kondisi keuangan daerah,” kata Asep.

Asep menyebutkan, dalam usulan KUA-PPAS pihaknya mengusulkan peminjaman uang atau bantuan keuangan dari pihak ketiga (bank). DPRD Pangandaran meminta rekomendasi kepada Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan dan Bappenas.

“Untuk melakukan hal ini tidak mudah dan harus ada strategi-strategi untuk menempuhnya. Saat ini paling penting melakukan efisiensi anggaran, baik DPRD maupun pemerintah kabupaten (Pemkab) Pangandaran,” sebutnya.