Bahan Pokok di Pasar Tradisional Pangandaran Stabil Pasca Lebaran

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Pasca lebaran harga dan stok bahan pokok di Pasar Tradisional Pananjung Pangandaran terpantau aman dan terkendali. Meski beberapa komoditas di antaranya mengalami kenaikan harga.

Rabu 3 Mei 2023, anggota Polres dan Kodim 0625 Pangandaran serta Dinas Perdagangan setempat melakukan pengecekan dan pengawasan stok serta stabilitas harga bahan pokok dan penting (Bapokting) di Pasar Pananjung Pangandaran.

Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat melalui Kasat Reskrim AKP Luhut Sitorus mengatakan, monitoring tersebut dilakukan untuk mengetahui stok serta stabilitas harga bahan pokok.

Menurutnya, berdasarkan hasil monitoring stok bahan pokok dan penting di Kabupaten Pangandaran tersedia atau tidak ditemukan kelangkaan.

“Ternyata untuk masalah harga ada beberapa yang mengalami kenaikan dan penurunan,” kata Luhut.

Baca juga:  Kenalkan Pelayanan Laboratorium dan Bank Darah Rumah Sakit melalui Mapay Pandega

Berikut daftar harga kebutuhan pokok di Pasar Pananjung Pangandaran:

  1. Daging Ayam Rp.38.000/Kg 
  2. Daging Sapi Rp.135.000/Kg
  3. Telor Rp.30.000/Kg 
  4. Cabe Merah Besar Rp.30.000/Kg.
  5. Cabe Ijo Besar Rp.25.000/Kg
  6. Bawang Merah Rp.35.000/Kg 
  7. Bawang Putih Rp.30.000/Kg
  8. Minyak Curah Rp.16.000/Kg
  9. Minyak Kemasan Rp.16.000
  10. Beras Medium Rp.10.000/Liter
  11. Beras Premium Rp.13.000/Kg.

Sementara itu, Fungsional Analis Perdagangan Dinas Perdagangan Pangandaran Wahdan menyebutkan, pihaknya memastikan kesesuaian antara laporan yang diterima dari petugas pasar dengan kondisi di lapangan.

“Data yang kami terima di Dinas Perdagangan setiap hari, terkait harga kebutuhan pokok kita lebih pada pengecekkan ulang saja,” kata Wahdan.

Wahdan menambahkan, secara umum di lapangan tidak ada kenaikan harga bahan kebutuhan pokok. Sebaliknya, malah terjadi penurunan di beberapa bahan kebutuhan pokok.

Baca juga:  Klinik Gigi Spesialis Bedah Mulut RSUD Pandega Pangandaran Resmi Layani Peserta BPJS

“Secara umum tidak ada kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, yang ada justru ada penurunan di beberapa bahan kebutuhan pokok, mungkin karena habis lebaran,” ucapnya.