Bendera Merah Putih Sepanjang 4000 Meter Berkibar di Langkaplancar Pangandaran

Prosesi pengibaran bendera merah putih sepanjang 4000 meter di Dusun/Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Bendera merah putih sepanjang 4000 meter berkibar di Dusun/Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Sabtu 19 Agustus 2023.

Pengibaran bendera merah putih dengan panjang 4000 meter tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT ke 78 Republik Indonesia.

Acara tersebut diberi nama Kirab Bendera yang dipelopori oleh warga di Kecamatan Langkaplancar dan didukung oleh berbagai elemen masyarakat. Mulai dari tingkat dusun hingga desa dan kecamatan.

Kirab Bendera merah putih itu dilaksanakan di puncak Kabupaten Pangandaran. Tepatnya di Sirkuit Serdadu dan sudah menjadi agenda rutin tahunan.

Bendera merah putih sepanjang 4000 meter itu dibentangkan oleh 10.000 warga Kabupaten Pangandaran dari berbagai wilayah.

Baca juga:  7 Tips Cara Merawat Sepatu Kesayangan

Bendera dibentangkan mengelilingi Sirkuit Serdadu sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selain yang mengibarkan bendera, warga hadir menyaksikan pengibaran bendera merah putih.

Lapangan sirkuit terisi penuh oleh warga setempat dan pengunjung yang menyaksikan pengibaran bendera.

Warga memenuhi lokasi sejak jam 07.00 WIB pagi dan berebut menjadi pembentang bendera merah putih. Bendera mulai dibentangkan sekitar jam 10.00 WIB siang dengan mengelilingi Sirkuit Serdadu.

Sorak gembira warga diiringi lagu-lagu nasional mengisi khidmatnya pembentangan sang saka merah putih.

Pembentang paling depan dimulai oleh Paskibraka, diikuti jajaran tokoh masyarakat Pangandaran, anggota dewan, perwakilan Pemkab Pangandaran, Ketua Penggerak PKK Pangandaran Ida Nurlaela dan disusul para warga yang berpartisipasi.

Baca juga:  Respons BKPSDM Pangandaran Soal Guru ASN Ngaku Kena Pungli

Salah Satu Panitia Penyelenggara Rahma mengatakan, pengibaran bendera merah putih ini merupakan yang terpanjang di Jawa Barat.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada partisipasi masyarakat Pangandaran yang hadir membentangkan bendera merah putih ini,” kata Rahma.

Menurutnya, pengibaran bendera merah putih terpanjang di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ini bukan yang pertama kalinya.

“Beberapa tahun yang lalu 2019 juga kami sempat mengibarkan bendera terpanjang namun dulu hanya 2.700 meter,” ujarnya.

Kirab bendera ini merupakan semangat jiwa nasional warga daerah yang terpatri dalam diri kepada NKRI.

“Kami juga harapkan cinta terhadap tanah air ini bukan hanya mengibarkan bendera saja. Tapi menjadi warga negara yang baik merupakan hal kecil yang didik sejak dini,” tuturnya.

Baca juga:  BST di Desa Maruyungsari Menuai Polemik, KPM Diancam Dicoret

Ketua PKK Pangandaran Ida Nurlaela Wiradinata mengaku bangga dengan aksi yang digelorakan warga Langkaplancar dan Pangandaran.

Ke depan, pengibaran bendera merah putih mungkin bisa lebih panjang dan dibentangkan tidak hanya di Langkaplancar, tapi di daerah Pangandaran lainnya.

“Kita punya pantai, sungai dan curug, bisa dikolaborasikan sehingga pembentangan bendera terhubung,” ucapnya.