Bupati Pangandaran Resmikan Pembangunan Jembatan Karangtirta-Pamugaran

Bupati Pangandaran Resmikan Pembangunan Jembatan Karangtirta-Pamugaran
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata meresmikan pembangunan Jembatan Karangtirta-Pamugaran, Senin (22/8/2022). dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Pembangunan Jembatan Karangtirta-Pamugaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dimulai.

Pembangunan ini, ditandai dengan ground breaking (peletakan batu pertama) oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Senin 22 Agustus 2022.

Jeje mengatakan, jembatan ini merupakan infrastruktur yang melintas di atas Muara Citonjong, Blok Karangtirta, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih. Yang menghubungkan akses dua wilayah, yaitu Karangtirta dengan Pamugaran.

“Jembatan ini akan membentang sepanjang 200 meter. Nanti wisatawan dari Pantai Pangandaran bisa menggunakan jalan (lintas pesisir) ini untuk menuju Pantai Batu Hiu hingga Pantai Bojongsalawe melalui kawasan Karangtirta,” kata Jeje.

Jeje menuturkan, proyek pembangunan jembatan ini merupakan peningkatan kawasan wisata yang strategis dan memperlengkap akses kepentingan masyarakat.

Baca juga:  Peningkatan Infrastruktur di Pangandaran Jadi Daya Tarik Investor

Dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran, tengah berencana akan menghubungkan akses jalan (lintas pesisir) sepanjang 91 Kilometer.

“Total anggaran pembangunan Jembatan Karangtirta-Pamugaran ini sebesar Rp94 miliar, yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), APBD Pangandaran dan Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat,” tuturnya.

Selain itu, kata Jeje, di tahun 2023 mendatang akan dibangun jembatan penghubung Nusawiru-Pantai Batukaras dengan jembatan permanen.

Sehingga, kata Jeje, akses dari Pantai Pangandaran menuju pantai lainnya durasinya lebih cepat.

“Sekarang kan masih menggunakan jembatan bailey. Tahun depan akan kita bangun jembatan permanen.”

“Wisatawan yang turun di Bandara Nusawiru juga kan nanti bisa lebih cepat kalau mau ke Pantai Batukaras,” sebutnya.

Baca juga:  Soal BST, Pemkab Pangandaran Hormati Regulasi Pusat

Saat ini, kata Jeje, ada tiga proyek strategis yang dilakukan oleh Pemkab Pangandaran. Yakni pembangunan jalan (lintas pesisir) yang menghubungkan Pantai Pangandaran-Pantai Batukaras, pembangunan Perpustakaan Daerah dan Mall Pusat Pelayanan Masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUTRPRKP) Pangandaran Ling Ling Nugraha Senjaya menerangkan pagu anggaran sebesar Rp94 miliar tersebut.

“Total anggaran itu untuk pembangunan jalan dan dua jembatan.”

“Jembatan Karangtirta-Pamugaran dan jembatan penghubung Karangtirta-Batu Hiu sepanjang 250 meter. “

“Untuk jalan Rp9 miliar, sedangkan untuk dua jembatan itu sebesar Rp85 miliar,” terangnya.