Dokter Spesialis Anak di RSUD Pandega Pangandaran Gaungkan Imunisasi

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Salah satu Dokter Spesialis Anak di RSUD Pandega Pangandaran dr. Dyah Rahmawanti, Sp.A menggaungkan pentingnya imunisasi pada anak saat acara Ngobatan atau Ngobrol Bareng Seputar Kesehatan.

Ngobatan dengan tema ‘Sayangi Buah Hati dengan Imunisasi’ itu dilaksanakan di ruang tunggu poliklinik lantai 3 Gedung A dan disiarkan pula secara live melalui Instagram resmi milik RSUD Pandega pada 2 Mei 2024.

Imunisasi sendiri berasal dari kata IMUN yang berarti KEBAL. Imunisasi merupakan suatu upaya meningkatkan kekebalan tubuh seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit.

Sesuai Undang-Undang Nomor 17/2023 tentang kesehatan dijelaskan, bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab untuk memberikan imunisasi lengkap kepada setiap bayi dan anak.

Baca juga:  Bawaslu Pangandaran Ajak Nelayan Jadi Pengawas Partisipatif di Pemilu 2024

Setiap bayi dan anak berhak memperoleh imunisasi untuk memberikan perlindungan dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Dyah menerangkan, tujuan imunisasi adalah untuk melindungi seseorang dari penyakit tertentu, mencegah penularan penyakit, menurunkan angka kejadian penyakti sampai tujuan akhirnya adalah untuk membasmi penyakit.

Menurutnya, tidak semua vaksin saat imunisasi diberikan melalui suntikan. Namun ada juga vaksin yang diberikan secara oral atau diteteskan ke mulut, yaitu vaksin polio untuk bayi.

“Imunisasi juga tidak hanya diberikan pada anak balita saja. Tapi pada usia anak sekolah juga ada BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah). Biasanya diberikan pada anak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas 1, 2, 5 dan 6,” terangnya.

Baca juga:  HUT ke-76 Armada RI, Pesisir Kampung Turis Dibersihkan

Sebagai informasi, konsultasikan kesehatan anak anda bersama Dokter Spesialis Anak di RSUD Pandega. Klinik Anak RSUD Pandega buka setiap hari Senin sampai Sabtu.