DPRD Pangandaran Minta Pemkab Manfaatkan Kegiatan Pusat Ditarik ke Daerah

Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) memanfaatkan kegiatan pusat atau tingkat nasional ditarik ke daerah untuk meningkatkan pendapatan.

Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin mengatakan, di beberapa daerah sudah ada koordinasi di mana rapat skala nasional bisa dilaksanakan di daerah. Menurutnya, rapat pemerintahan tingkat nasional bisa ditarik ke daerahnya untuk meningkatkan pemasukan.

“Rapat ini nanti imbasnya bisa ke peningkatan pendapatan atau pajak daerah, baik dari wisata dan yang pasti perhotelan. Dibanding daerah lain, Pangandaran punya daya tawar yang lebih tinggi. Kita punya alam yang luar biasa, fasilitas hotel, restoran, itu harus dimanfaatkan,” kata Asep, Kamis 13 Juli 2023.

Baca juga:  DPRD Pangandaran Dorong Pemkab Bentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah

Asep menyebutkan, bagaimana caranya Pemkab Pangandaran berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk mewujudkan itu semua. Dia meyakini ide atau gagasan tersebut sangat tepat.

“Pemerintah pusat sebenarnya sedang mendorong kegiatan-kegiatannya ke daerah. Ini harus bisa kita manfaatkan sebaik mungkin. Karena pusat juga sedang berupaya untuk mendorong fiskal daerah. Event government digeser ke daerah,” sebutnya.

Selain rapat atau event government, kata Asep, festival atau event rutin seperti musik, festival budaya, otomotif, harus dimaksimalkan oleh Kabupaten Pangandaran.

“Pemkab Pangandaran harus membuat skala prioritas untuk menggenjot pendapatan dan mengesampingkan hal yang tidak penting,” ucapnya.