Eyang Jagasatru Cijulang, Orang Sakti Penjaga Pantai Batukaras

eyang jagasatru cijulang
Tugu Marlin di wilayah Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Selain terkenal dengan objek wisata alamnya yang indah, daerah bungsu Jawa Barat ini menyimpan catatan sejarah yang kental akan budayanya. Salah satunya cerita Eyang Jagasatru di Desa/Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Sebuah kisah yang menceritakan leluhur asli warga Cijulang dengan sebutan Jagasatru. Menurut keterangan warga asal Cijulang, Jagasatru merupakan penjaga pantai di kawasan Sanghiyang Kalang, Pantai Batukaras.

Tokoh masyarakat Cijulang Ajat Jatnika, 52, mengatakan, Jagasatru merupakan sebutan lain dari kata penjaga dan satu yang kuat. Jadi Jagasatru itu orang yang kuat.

“Dulu Eyang Jagastru adalah penjaga pantai dari kejahatan para bajak laut di wilayah pesisir Pangandaran yang merampas,” katanya.

Baca juga:  Pemkab Pangandaran Wajibkan Anak Belajar Satu Tahun di TK Sebelum Masuk SD

Mayoritas warga asli Cijulang keturunan Eyang Jagasatru yang hidup sekitar abad ke 16, namun tak semua. Keturunannya sudah hampir terputus.

Saat ini para keturunannya sering melaksanakan reunian. Setiap tahun ada reuni para keturunan Jagasatru yang dilkasanakan rutin untuk merawat silaturahmi.

Menurut Ajat, Eyang Jagasatru masih murid dari Eyang Sembah Agung yang merupakan leluhur tertua warga Cijulang.

Pangsi Hitam, Pakaian yang Sering Digunakan Eyang Jagasatru