Harga Porang di Pangandaran Anjlok, Hanya Rp1.700/Kg

Porang
Ilustrasi umbi porang

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Harga porang di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, anjlok. Tahun ini harga porang hanya Rp1.700/kilogram (kg). Padahal pada tahun sebelumnya harga porang masih berada di kisaran Rp7.500/kg.

Petani porang asal Kecamatan Parigi Tarli Sutarli mengatakan, animo masyarakat untuk melakukan penanaman porang pada tahun 2021 memang tinggi. Lantaran saat itu harga porang mencapai Rp7.500/kg.

“Setelah petani berproses melakukan penanaman porang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), menjelang musim panen harga porang malah anjlok hanya Rp1.700/kg,” kata Tarli, Rabu (15/6/2022).

Tarli menuturkan, saat ini para petani tengah merugi. Jangankan untung, modalnya pun tidak kembali. Petani porang hanya berharap pemerintah turun tangan dengan memberikan solusi.

Baca juga:  Tarif Parkir di Pantai Pangandaran Dikeluhkan Wisatawan

“Yang paling utama itu untuk pasarnya dan meningkatnya kembali harga porang. Dulu petani semangat karena harganya menggiurkan,” tuturnya.

Tarli menerangkan, dari mulai tanam sampai masa panen, porang membutuhkan waktu delapan sampai sembilan bulan. Ada juga tambahan biaya perawatan dan pupuk.

“Menanam porang ini menghabiskan modal tinggi. Tapi saat musim panen tiba, harganya malah anjlok drastis. Untuk menjualnya saja kami kesulitan,” terangnya.

Penulis/Editor: SMF/R002