Kebakaran di Kampung Turis Pangandaran, Api Berawal dari Kafe Resto Siti Mungil

Akibat kebakaran di Kampung Turis Pangandaran, hanya menyisakan puing-puing bangunan. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Kebakaran yang terjadi di Kampung Turis, Pangandaran, berawal dari Kafe Resto Siti Mungil. Si jago merah pertama kali terlihat di atas ruangan kamar bagian belakang.

Pemilik Kafe Resto Siti Mungil Arif Firman mengaku, api pertama muncul dan terlihat di atas ruangan kamar bagian belakang. Api dengan cepat menyebar dan melalap bangunan seluas 500 meter itu.

“Saat kejadian, saya sudah berada di Ciamis. Tadi pagi juga sempat ke kafe resto dulu, karyawan sudah ada. Sekitar jam 08.30 pegawai memberi kabar bahwa kafe kebakaran,” kata Arif, Kamis 31 Agustus 2023.

Menurutnya, konstruksi bangunan memang hampir seluruhnya terbuat dari bambu dan kayu dengan atap daun dahon kering. Kini, kafe resto miliknya hanya menyisakan puing-puing bangunan.

Baca juga:  Sepanjang Tahun 2022, Pangandaran Diguncang 47 Kali Gempa

Kerugian Mecapai Miliaran

Akibat insiden itu, kerugian diperkirakan mencapai lebih dari Rp1 miliar. Selain bangunan beserta isinya, sejumlah surat berharga pun lenyap terbakar.

“Dulu membangun kafe resto ini saja saya habis Rp3 miliar lebih, belum isinya dan lain-lain dalam restoran ini. Semuanya habis,” ucapnya.

Di lokasi, Kapolres Pangandaran AKBP Imara Utama menyebutkan, tiga bangunan kafe resto hangus terbakar dalam peristiwa ini. Petugas berhasil memadamkan api selama 2 jam pasca kejadian.

“Kami masih telusuri apakah dari korsleting listrik, api kompor atau pun lainnya. Kami masih dalam proses penyelidikan. Kerugian masih dihitung, tidak ada korban jiwa,” sebutnya.