Kelompok Tani Situhiang di Pangandaran Tanam Kencur

poktan situhiang
Kelompok Tani Situhiang dan TP PKK Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran menanam kencur. ace/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Kelompok Tani Siutuhiang di Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menanam kencur.

Mereka menanam tanaman herbal tersebut berkolaborasi dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Pangkalan.

Seorang anggota Kelompok Tani Situhiang Taryana mengatakan, penanaman kencur yang dilakukannya upaya menunjang kebutuhan rempah rimpang di wilayah Pangandaran.

“Sebelumnya kami sudah menanam jahe di atas lahan 2 hektare. Penanaman kencur sekarang ini kami bekerja sama dengan ibu- ibu PKK,” kata Taryana, Rabu (12/1/2022).

Pihaknya berharap dari penanaman kencur ini, Desa Pangkalan bisa menjadi sentra tanaman rempah rimpang untuk mencukupi kebutuhan pasar di wilayah Kecamatan Langkaplancar ke depan.

Baca juga:  Pangandaran Jadi Tuan Rumah Muswil X PPNI Jawa Barat

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Pangandaran Wawan Kustaman mengapresiasi hal tersebut.

“Ini bisa jadi contoh cara pemberdayaan yang melibatkan petani dan ibu-ibu PKK. Harapannya ada peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan,” ujarnya.

Apalagi sekarang ini sudah saatnya masyarakat bangkit dari pandemi Covid-19. Memulihkan perekonomian yang beberapa waktu lumpuh.

“Kelompok Tani Situhiang dan PKK diharapkan bisa mendorong dan memotivasi semua kalangan. Apalagi tanah di Langkaplancar ini subur,” ucapnya.

Penulis/Editor: ACE/R002