Masih Sesuai Tagline, Pangandaran Belum Punya Julukan

Sekretaris Daerah Pangandaran Kusdiana. ist/prokopim

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran, Jawa Barat, mengakui belum memberikan nama julukan daerah yang pas sampai saat ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pangandaran Kusdiana mengatakan, julukan untuk daerahnya masih sesuai tagline.

Pihaknya menganggap sesuai keputusan bupati, tagline Pangandaran itu yakni destinasi wisata berkelas dunia.

“Kalau julukan daerah masih belum ditetapkan. Tapi terimakasih itu akan menjadi masukan buat kami,” kata Kusdiana, Jumat 20 Januari 2023.

Menurutnya, jika memberikan julukan daerah itu harus ada legalitasnya, apakah itu Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Bupati (Perbup).

Karena Pangandaran ini merupakan daerah wisata, kata Kusdiana, pihaknya menganggap kota wisata untuk daerahnya sangat cocok untuk diterapkan.

Baca juga:  Ada Hotel Buang Limbah ke Pantai Pangandaran, Pengusaha Diminta Perbaiki IPAL

“Itu juga sesuai dengan visi misi Pangandaran, yakni menjadi tujuan wisata berkelas dunia,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pangandaran memiliki lima destinasi wisata unggulan daerah yang tersebar di 10 kecamatan yang ada di Pangandaran.

Kelima destinasi wisata itu yakni, Pantai Karapyak, Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Green Canyon dan Pantai Batukaras.

Dan kelima objek wisata tersebut sudah dikelola oleh Pemkab Pangandaran.

Selain itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran pun mencatat ada 170 tempat wisata. Sebanyak 128 di antaranya adalah objek wisata alam.

Kemudian sisanya, 27 objek wisata budaya dan 15 objek wisata buatan yang belum dikelola. Saat ini pun terdapat 165 titik yang berpotensi menjadi daya tarik wisata.