Mengenal PRCK dan Solidaritas Pengusaha Rental Mobil di Pangandaran

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Pengusaha rental mobil di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, membentuk sebuah wadah, yakni Pangandaran Rent Car Kommunitas (PRCK).

Ketua PRCK Pangandaran Ahmad Nurodin mengatakan, sebuah komunitas yang ia pimpin saat ini bermula dari diskusi ringan di tahun 2020 terkait bagaimana membesarkan usaha rental mobil yang profesional dan berintegritas tinggi.

“Legalitas kami jelas. Dua tahun lalu kami bermimpi dan berharap sebuah komunitas ini mempunyai integritas tinggi dan sanggup menciptakan bargaining power dengan regulator,” kata Nurodin, Jumat 2 Juni 2023.

Nurodin menuturkan, sebelum dibentuknya PRCK, para penyedia jasa sewa mobil di wilayah Kabupaten Pangandaran terbilang sering terjadi gesekan antar penyedia jasa rental mobil lainnya.

Baca juga:  Bulu Tangkis Tunggal dan Ganda Kontingen Pangandaran Melaju ke Semifinal di Peparda VI Jabar

“Alhamdulillah setelah terbentuknya PRCK, perilaku yang kurang baik itu bisa diminimalisasi. Kami juga selalu aktif setiap bulan berkumpul dengan para anggota, kita baru 40 orang, biasalah ngobrol-ngobrol ringan,” tuturnya.

Nurodin menambahkan, kepedulian dan solidaritas sesama anggota terus diperkuat. Seperti ada anggota yang mengalami kendala saat di jalanan, anggota lainnya pun akan membantu.

“Contoh lainnya seperti ada anggota kami yang kekurangan sopir, kita bisa komunikasi ke anggota lain. Jadi tidak hanya menyewakan mobil saja, sopir juga kami ada,” tambahnya.

Nurodin menyebutkan, waktu dekat ini PRCK akan kedatangan tamu dari Asosiasi Rental Tasik dan Ciamis yang bertempat di salah satu hotel di Pangandaran.

Baca juga:  Pantai Pangandaran Minim Rambu Jalur Evakuasi Bencana

“Pada kegiatan nanti itu, tentu kami akan membahas soal usaha jasa rental mobil untuk lebih maju lagi. Dan memperkuat solidaritas sesama anggota,” sebutnya.