Ngabuburit ala Paguyuban Duta Baca Pangandaran

duta baca pangandaran
Paguyuban Duta Baca Pangandaran susur ruang publik untuk tingkatkan minat baca masyarakat.

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Paguyuban Duta Baca Pangandaran susur ruang publik untuk tingkatkan minat baca masyarakat.

Melalui Ngabuburead atau Ngabuburit sambil membaca, menjadi salah satu program duta baca untuk membiasakan masyarakat gemar membaca.

Gerakan literasi yang dilaksanakan duta baca Pangandaran menjadikan suasan ngabuburit lebih menyenangkan.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pangandaran Usep Efendi mengatakan, acara ngabuburit diambil dari bahasa Sunda yang diperkuat oleh kata Read-nya.

“Artinya membaca yang merupakan salah satu bagian penting dari literasi. Ini kolaborasi antara patriot desa dengan duta baca Pangandaran,” kata Usep, Minggu (17/4/2022).

Usep menyebutkan, anak muda harus tampil di event atau moment apapun. Karena anak muda itu akan menjadi kekuatan penting yang menggerakkan situasi permasalahan real di masyarakat.

Baca juga:  Tim Percepatan Penurunan Stunting di Pangandaran Dilantik

“Semuanya harus tampil. Ada patriot desa, duta baca dan pergerakan kepemudaan lain yang terhimpun dalam gerakan kepemudaan kemahasiswaan,” sebutnya.

Sementara itu, Duta Baca Jawa Barat Aden menambahkan, ngabuburead ini berkolaborasi dengan patriot desa hingga melibatkan kepala desa.

“Kegiatan ini lebih konsentrasi terhadap membaca buku. Dengan harapan, teman-teman bisa mengurangi pemakaian gadget,” ucapnya.

Editor: R002